Beri Pengarahan di Musrenbang, MenPAN RB Minta Bali Fokus dan Kerja Keras

Denpasar, Dewata News. Com -  Setelah dibuka secara resmi oleh Gubernur Made Mangku Pastika, Selasa (21/3) kemarin, acara Musrenbang Pe...


Denpasar, Dewata News. Com - Setelah dibuka secara resmi oleh Gubernur Made Mangku Pastika, Selasa (21/3) kemarin, acara Musrenbang Penyusunan RKPD Provinsi Bali Tahun 2018 dilanjutkan Rabu (22/3) pagi di Ruang Cempaka, Kantor Bappeda Litbang Provinsi Bali. Hadir sebagai narasumber Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur.

Pada kesempatan ini, MenPAN RB Asman Abnur memuji keberhasilan Provinsi Bali di bidang pariwisata dan meminta agar Bali fokus di bidang itu. 

“Jadi kalau memang fokusnya pariwisata, ya sudah jadi champion di pariwisata,” katanya. 

Mantan Wakil Walikota Batam ini berkaca dari negara tetangga Singapura yang pariwisatanya sukses meski alam dan budayanya tak orisinal. Menurutnya itu dimungkinkan karena SDMnya bagus, khususnya aparatur sipil negara yang kompeten dan profesional.

Terkait perencanaan, pria yang pernah menjabat anggota DPR RI tiga periode ini meminta agar dibuat dengan sasaran yang jelas. Setiap kegiatan yang dibuat harus nyambung dengan program dan sasarannya, tambahnya. Menurutnya tidak ada hasil yang besar datang dari rencana yang kecil, oleh karena itu perencanaan menjadi kunci dari keberhasilan.

Abnur juga menyinggung soal rapor akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Di Indonesia masih banyak yang menyandang predikat C ke bawah yang menunjukkan inefisiensi pemerintah daerah. Sementara di Bali sudah cukup baik meski masih ada beberapa yang berpredikat di bawah B. 

“Tahun ini saya targetkan yang C wajib hukumnya jadi B minimum, harus kerja keras,” katanya dalam wawancara usai pengarahan. Menurutnya Bali punya potensi untuk menjadi contoh bagi provinsi lain.

Sebelumnya Kepala Bappeda Litbang Provinsi Bali Putu Astawa mengatakan Provinsi Bali telah berhasil meraih predikat BB dalam penilaian akuntabilitas kinerja, hanya kurang lima poin untuk meraih A. Namun pihaknya ingin mengajak seluruh kabupaten/kota di Bali untuk meraih keberhasilan yang sama dengan yang dicapai pemerintah Provinsi Bali. 

“Kalau kami baik, temen-temen di Kabupaten/Kota juga harus baik, prinsip kami begitu,” ujarnya.

Acara Musrenbang Penyusunan RKPD Provinsi Bali Tahun 2018 dihadiri Kepala OPD dan perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, perwakilan OPD Kabupaten/Kota se-Bali, Kelompok Ahli Pembangunan Provinsi Bali dan perwakilan instansi vertikal se-Bali.

Berita Terkait

Breaking News 2831190824029899123

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item