Ayu Pastika Minta TP PKK Se-Bali Dapat Akselerasi Pelaksanaan 10 Program Pokok.

Buleleng, Dewata News. Com - Perkembangan program masyarakat maupun pemerintah dewasa ini berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi...


Buleleng, Dewata News. Com - Perkembangan program masyarakat maupun pemerintah dewasa ini berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi.  Dihadapkan pada kenyataan tersebut,  maka perlu dilakukan akselerasi atau percepatan 10 program pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang di dalamnya terdapat program prioritas,  program unggulan serta program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah.  Untuk itu, PKK di setiap daerah diharapkan dapat mengembangkan inovasi dan kreativitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan masing-masing daerah.  

Demikian disampaikan Ketua  Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika kepada awak media pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-45,  bertempat  di Gedung Mr.  I Gusti Ketut Pudja,  Buleleng pada Kamis (23/03).

Lebih lanjut,  Ayu Pastika juga mendorong seluruh TP PKK yang ada di seluruh Kabupaten/Kota se-Bali untuk terus berusaha menumbuhkan ide-ide inovatif seraya mengembangkan jalinan kerjasama dengan mitra kerja PKK dalam rangka akselerasi program tersebut.  Disamping itu,  Ia juga menghimbau agar dalam pelaksanaan program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat seremonial belaka,  namun mengimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan.  

"Sudah saatnya kita perlu mengimbangi prinsip kebijakan Pemerintah dalam pelaksanaan program dengan kerja, kerja dan kerja meskipun kita harus menyesuaikannya dalam skala gerakan PKK",  ujarnya.  

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,  Ayu Pastika mengungkapkan bahwa guna mewujudkan hal tersebut,  maka Ayu Pastika memandang  perlu kesiapan peningkatan keterampilan teknis dan manajerial untuk segenap jajaran TP PKK,  dengan cara membuat program pelatihan teknis dan manajerial  sesuai kepentingannya bagi jajaran TP PKK.  Ia berharap,  dengan melaksanakan koordinasi yang efektif antara PKK Provinsi dengan Kab/Kota untuk melaksanakan program yang terintegrasi maka para tim PKK yang ada di setiap jenjang ataupun daerah menjadi tahu,  mau dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya.  "Saya berharap melalui mementum ini seluruh jajaran TP PKK  tetap secara aktif melakukan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma,  karena pada merekalah sesungguhnya  terletak fungsi kinerja program-program PKK",  pungkasnya.

Senada dengan Ayu Pastika,  dalam sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK dr.  Erni Guntarti Tjahjo Kumolo yang dibacakan juga oleh Ketua TP PKK Prov. Bali menyampaikan bahwa sesuai tema yang di angkat dalam HKG tahun ini  yaitu "Dengan HKG PKK Ke-45,  Kita lakukan Akselerasi Program PKK Untuk Mewujudkan Visi dan Misi Gerakan PKK" maka tepat dijadikan sebagai momentum evaluasi terhadap hal-hal apa saja yang telah dilakukan selama setahun ini.  Selanjutnya,  hasil evaluasi tersebut hendaknya dapat dirumuskan strategi-strategi dan langkah tindak lanjut dalam rencana kerja setahun kedepan. Ia berharap dengan siklus manajemen program dan kelembagaan seperti itu dapat dilakukan secara simultan,  berkesinambungan dan terus menerus tentunya dengan mengedepankan prinsip kemitraan dan kerelawanan sehingga kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat di wujudkan secara bersama-sama. Disamping itu,  dalam sambutannya Ketua Umum PKK juga berharap agar PKK dapat meningkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program yang semuanya harus dicapai melalui karsa,  inisiatif dan ketekunan.

Sementara itu,  Ketua Panitia Peringatan HKG Ke-45 yang juga selaku Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Bali Ny.  Dayu Sudikerta melaporkan bahwa telah dilaksanakan berbagai kegiatan serangkaian menyambut peringatan HKG tahun ini baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD.  Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain kunjungan sosial ke Korban Longsor di Desa Songan,  Kecamatan Kintamani,  Penyerahan Kaki Palsu Kepada Jro Ratna (60th) dan Bantuan Alat Dengar Kepada Jero Mangku Nengah di Busungbiu Buleleng,  Penyerahan Bantuan Bedah Rumah di Kabupaten Buleleng dan Karangasem,  Pelaksanaan Berbagai Lomba HKG  PKK-KB-Kesehatan ditingkat Provinsi,  serta berbagai kegiatan lainnya. 

Sedangkan pada puncak acara HKG tersebut,  Dayu Sudikerta melaporkan bahwa dilaksanakan beberapa kegiatan seperti penampilan senam lansia,  pelayanan posyandu di Kampung Bugis,  Pemeriksaan Kesehatan Gratis,  IVA Test,  Pelayanan KB,  Pemberian Kaca mata gratis,  pameran produk unggulan dari PKK se-Bali dan pameran produk dari gerbang sadu mandara Kab. Buleleng.  Selain itu,  juga dimeriahkan dengan pasar murah dari Bulog Prov. Bali dan penampilan yel-yel dari TP PKK Kab. Klungkung. Ia berharap dengan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan itu dapat semakin memasyarakatkan Gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat serta meningkatkan pemahaman seluruh komponen masyarakat terhadap tujuan,  program dan kegiatan PKK.

Dalam momentum itu selain dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ayu Pastika,  juga dilakukan penyerahan hadiah-hadiah lomba,  diantaranya; Pelaksana  terbaik I kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan th 2016 diraih oleh Desa Awan-Kintamani,  Pelaksana terbaik I lingkungan bersih dan sehat diraih oleh Desa Mengwi-Badung,  Pelaksana terbaik I bidang Posyandu diraih oleh Desa Penglatan-Buleleng,  Pelaksana terbaik I bidang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  di rumah tangga diraih oleh Desa Lembongan-Klungkung,  Pelaksana Terbaik I bidang tertib administrasi PKK diraih oleh Desa Gitgit-Buleleng, Pelaksana terbaik I Penanggulangan Pencegahan KDRT diraih oleh Desa Tegal Badeng Barat-Jembrana,  Pelaksana Terbaik  I UP2K-PKK diraih oleh Desa Banjarangkan-Klungkung,  Pelaksana Terbaik I HATINYA PKK diraih oleh Desa Baturiti-Tabanan,  Pelaksana Terbaik I Tanaman Obat Keluarga (TOGA)  diraih oleh Desa Lodtunduh-Gianyar dan Pelaksana Terbaik I Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga kategori Kota diraih oleh Kelurahan Pinatih-Denpasar.  

Selain itu juga diserahkan hadiah pada pemenang lomba Paduan Suara PKK yang diraih oleh TP PKK Kota Denpasar,  Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang dalam Keluarga diraih oleh Nyoman Marjaya Kader PKk Kab. Klungkung,  Penyuluhan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga melalui UP2K PKk diraih oleh Ni ketut Pujiani Kader PKK Kab. Klungkung,  Penyuluhan Pemanfaatan Lahan diraih oleh Ni Ketut Artini Kader PKK Kab. Jembrana,  Penyuluhan PHBS diraih oleh Ni Made Ardini Kader PKK Kab. Bangli,  Lomba Jambore diraih oleh Kab. Klungkung serta Juara Umum yang berhak mendapat  Piala Bergilir Gubernur Bali selaku Pembina TP PKK Prov.  Bali yaitu Kab. Klungkung.  Seluruh Pemenang berhak mendapatkan piala serta uang pembinaan yang secara langsung diserahkan oleh Gubernur Bali didampingi oleh Wakil Gubernur Bali serta Ketua TP PKK Prov. Bali

Hadir pula dalam kesmepatan itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali, Wakil Bupati Buleleng, Ketua TP-PKK Se-Bali serta undangan lainnya.

Berita Terkait

Breaking News 5884367313037055527

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item