Peringatan HPN 2017 Jadi Momen Penting Perangi 'Hoax'

Buleleng, Dewata News.com —   Fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial, dewasa ini menghadapi berbag...


Buleleng, Dewata News.com — Fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial, dewasa ini menghadapi berbagai gempuran. Beberapa media online marak menampilkan berita palsu atau hoax.
 
Puncak peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2017 yang dipusatkan di Ambon,  Maluku mejadi momen penting bagi bagi Pers Nasional untuk memerangi hoax.
 
Beredarnya rilis mengatas namakan Dewan Pers yang menyebutkan hanya ada 74 media lolos verifikasi Dewan Pers dan hanya media-media tersebut yang boleh dilayani meliput di lembaga pemerintah termasuk TNI dan Polri, disikapi Dewan Pers dengan pernyataan bahwa rilis tersebut palsu dan kemungkinan besar ditujukan untuk menimbulkan kegaduhan di kalangan media dan wartawan.
 

Terhadap kondisi tersebut Ketua PWI Kabupaten Buleleng, I Putu Ngurah Aswibawan berharap agar seluruh awak media di daerah ini senantiasa berhati-hati dalam setiap aktifitas jurnalisnya serta senantiasa mentaati Kode Etik Jurnalistik.
 
”Bagi kita di media manapun kita bekerja, tentu aturan-aturan yang sudah digariskan oleh Dewan Pers kita juga harus ikuti jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sekarang ada hoax yang memang sekarang betul-betul menjamur, ini juga perlu disikapi oleh semua media dimanapun dia berada bukan hanya di Bali saja, dimanapun termasuk di Singaraja harus eksis seperti itu”, ucapnya.
 
Dengan bergulirnya tahapan Pilkada Serentak dan semakin dekatnya pelaksanaan Pilkada Buleleng 2017, menurut Ngurah Aswibawan, insan pers khususnya di Buleleng dituntut untuk memberikan informasi yang baik dan seutuhnya kepada masyarakat, sehingga pelaksanaan Pilkada Buleleng dapat berjalan aman dan lancar.
 
Kabupaten Buleleng sebagai satu-satunya kabupaten di Bali yang melaksanakan pemilihan kepala daerah pada pilkada serentak tahun 2017 ini, tentunya akan menjadi sorotan dan barometer secara nasional bahkan internasional. Dimana Bali khususnya Buleleng merupakan destinasi pariwisata dunia.
 
Sementara itu untuk keanggotaan PWI Buleleng, Ngurah Aswibawan menjelaskan, saat ini sudah ada kurang lebih 15 orang yang memiliki kartu anggota biasa dan selebihnya masih kartu muda sekitar 20-an orang. Untuk itu, pihaknya tengah menata keanggotaan dan berupaya meningkatkan status keanggotaanya.
 
Dijelaskan bahwa proses untuk memiliki kartu anggota PWI saat ini sudah mulai diperketat. Mereka yang bisa memiliki kartu PWI adalah wartawan yang sudah pernah mengikuti uji kompetensi dengan menunjukkan sertifikat. Guna memenuhi syarat tersebut, tahun ini PWI Buleleng akan terus mengupayakan uji kompetensi anggotanya yang belum memenuhi ketentuan tersebut. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 306045013465032202

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item