Pastika Ingatkan Guru Aktor Penting Dalam Pembangunan Bangsa

  Denpasar, Dewata News. Com - Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa  dan merupakan pilar utama mencapai kemajua...

 

Denpasar, Dewata News. Com - Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan bangsa  dan merupakan pilar utama mencapai kemajuan dan kejayaan bangsa, dan guru adalah aktor utama  yang memegang peran terpenting di dalamnya . Harapan masa depan bangsa Indonesia dipertaruhkan kepada mereka yang berprofesi sebagai guru. Adanya guru yang profesional dan berdedikasi terhadap tugasnya merupakan kunci bagi keberhasilan pembangunan pendidikan.

Demikian disampaikan oleh Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Sudikerta dalam acara Peringatan HUT ke-71 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2016 di Gedung Ksiraarnawa Taman Budaya Denpasar, Jumat (25/11). 

“Guru harus bisa jadi teladan, guru yang baik diikuti dan diteladani oleh murid muridnya. Hanya dengan sentuhan guru yang profesional   maka anak anak bangsa akan mendapat pendidikan yang bermutu, untuk itu Guru adalah aktor penting dalam pendidikan bangsa, tidak ada guru maka tidak ada pendidikan, “ imbuhnya. 

Pastika juga berharap agar para guru semakin dekat dengan teknologi informasi yang memungkinkan mereka makin mampu melaksanakan proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Guru dan semua pemangku kepentingan diharapkan terpanggil untuk secara kontinyu dan sungguh sungguh meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia masa depan yang cerdas, beriman, bermartabat, terampil dan kompetitif memasuki percaturan global. 

Terkait dengan keberadaan PGRI sebagai satu satunya organisasi profesi guru, Pastika mengharapkan agar PGRI semakin meningkatkan dedikasinya untuk menjadi mitra pemerimtah guna bersama sama meningkatkan kemampuan profesional guru dan kesejahteraan guru demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan  serta mampu memfasilitasi , memotivasi dan memberikan advokasi kepada anggotanya untuk jadi lebih profesional. 

Hal senada juga disampaikan oleh Wagub Sudikerta dalam sambutan lisannya dimana peran guru yang sangat penting dan strategis dalam mempersiapkan generasi mendatang yang berkualitas serta siap saing mendapat perhatian yang serius dari Pemprov Bali. Tidak hanya dari segi penganggaran yang disiapkan dalam upaya meningkatkan kualitas serta kesejahteraan para  guru,  disiapkan pula  perbaikan infrastuktur penunjang serta peningkatan  sarana prasarana   sekolah sehingga dunia pendidikan khusunya di Bali semakin berkualitas. 

Sementara itu Plt. Ketua Umum Pengurus Besar PGRI  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Provinsi PGRI Bali Gede Wenten Arya Suda menyampaikan agar para pengurus PGRI di berbagai tingkatan agar bekerja keras mengawal perjuangan dan aspirasi para guru, pendidik dan tenaga kependidikan tanpa membedakan status guru PNS, Non PNS, guru honorer, Guru tetap, Guru Tidak tetap dalam upaya mewujudkan status profesionalisme, kesejahteraan dan perlindungan dengan cara yang santun, elegan dan bermartabat sehingga PGRI  menjadi rumah yang nyaman bagi semua guru dan tenaga kependidikan. 

Dalam acara yang bertema “ membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam meningkatkan Mutu Pendidikan “ turut dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali Dewa Sunarta, Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemprov Bali , para pengurus PGRI Bali   serta 700 guru dari perwakilan Guru  Kabupaten/ Kota se Bali ini juga diserahkan sejumlah piala kepada para pemenang lomba diantaranya  Pemenang Lomba LKTI PGRI Tingkat Provinsi Bali, untuk tingkat Sekolah Dasar dimenangkan oleh Ni Komang Yuli  Setiawati dari SDN 2 Padang Bai Karangasem, Juara satu LKTI tingkat SMP dimenangkan oleh I Kertut Hariawan dari SMPN 1 Manggis Karangasem  dan Juara Satu Tingkat SMA/SMK dimenangkan oleh I Nyoman Duwika Adi Ana dari SMKN 1 Kubu Karangasem . 

Dalam kesempatan ini juga diserahkan piala  Juara III Lomba Melukis Pada Porseni Guru PGRI Tingkat Nasional di Kabupaten Siak Riau Tahun 2016 yang dimenangkan oleh I Gede Budiarta dari SMKN 1 Sukawatri Gianyar. 

Penyerahan piala diserahkan langsung oleh Wagub Sudikerta didampingi oleh Ketua Provinsi PGRI Bali. Peringatan HUT PGRI ke 71 dan Hari Guru nasional Tahun 2016 ini juga diisi dengan pementasan lagu bertemakan guru oleh para siswa TK dan SD Kabupaten / kota  serta penampilan Tari Legong Mesatya oleh gabungan guru tari SMK se Bali. 

Berita Terkait

Breaking News 7299467161433147394

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item