Para Bendesa dan Kelian Subak diharapkan tetap bersinergi dengan pemerintah

Klungkung, Dewata News. Com -  Guna memperkuat dan melestarikan adat dan budaya di Kabupeten Klungkung, pemerintah kabupaten Klungkung ...


Klungkung, Dewata News. Com - Guna memperkuat dan melestarikan adat dan budaya di Kabupeten Klungkung, pemerintah kabupaten Klungkung memberikan bantuan kepada Desa Pakraman, Subak sawah dan subak Abian se- Kabupaten Klungkung. Penyerahan bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Klungkung Nyoman Suwirta di Wantilan Pura Jagatnata, jumat (25/11).

Acara yang dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana, Ketua Parisadha Hindu Dharma Bali I Ketut Suartana Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, Ketua MMDP I Ketut Rupia, Kepala Subag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Klungkung I Wayan Gunarta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana dalam sambutannya menyatakan Bantuan yang diserahkan Pemerintah Kabupaten Klungkung kepada Desa Pekraman, Subak Abian, dan Subak Sawah se Kabupaten Klungkung antara lain, untuk (199) Desa Pekraman mendapatkan bantuan 15.000.000,- @Desa Pekraman, sehingga Berjumlah total Rp 1.785.000.000,00. Dan Untuk (42) Subak Abian mendapatkan mendapatkan bantuan Rp.7.000.000,- @Subak Abian sehingga Berjumlah total Rp 294.000.000,00. (43) Subak Sawah mendapatkan bantuan 10.000.000,- @Desa Pekraman sehingga Berjumlah total Rp 430.000.000,00. dan uang tersebut sudah ditransfer ke masing-masing MADP seKabupaten Klungkung.sedangkan sumber dananya dari APBD  Klungkung tahun 2016 .

Acara diisi dengan penyerahan bantuan kepada Para MADP seKabupaten KLungkung secara simbolis, yang dilakukan Bupati Suwirta didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata I Wayan Sujana, Ketua Parisadha Hindu Dharma Bali I Ketut Suartana Camat Klungkung I Komang Gde Wisnuadi, Ketua MMDP I Ketut Rupia, Kepala Sub. Bag Tata Usaha Kementerian Agama Kabupaten Klungkung I Wayan Gunarta.

Bupati Suwirta dalam sambutannya meminta agar masyarakat Desa Khususnya para sekaa teruna untuk tetap menjaga tradisi adat istiadat pada saat Hari Raya Besar Umat Hindu sedang Berlangsung  dan Bupati Suwirta juga meminta agar pecalang dilatih dengan lebih baik lagi dalam hal menjaga keamanan masyarakat, serta  sering-sering diadakan pertemuan di Banjar untuk melatih pola pikir masyarakat  agar menurunkan harga diri, “Dengan menurunkan harga diri kita maka orang lain yang akan menaikkan harga diri kita” ujar Bupati Suwirta. Bupati Suwirta menyarankan agar dalam membuat perarem dengan menggunakan kepala dingin. Bupati Suwirta memohon dukungan dari para Bendesa dan Kelian Subak seKabupaten Klungkung agar ikut serta mendukung program pemerintah.

Bupati menginginkan adanya komunikasi dengan baik antara Pemerintah dan Adat, Umat Hindu akan hancur bukan karena umat lain, tetapi karena diri kita sendiri. Dalam Rangka menguatkan Umat Hindu, ekonomi, dan lain sebagainya jangan pernah menjelekkan agama lain, mari perkuat diri sendiri dan Pemerintah Kabupaten Klungkung siap mengawal  menuju ke hal yang lebih baik lagi.

Acara turut Dihadiri Ketua MADP seKabupaten KLungkung, Ketua Forum Subak Sawah  Kabupaten  Klungkung I Wayan Kardana, dan Ketua Forum Subak Abian Kabupaten Klungkung I Nengah Karista, beserta Bendesa dan Klian Subak  seKabupaten Klungkung. 

Berita Terkait

Kabar Klungkung 929204870632736244

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item