Indahnya Sorga Di Bawah Laut Putri Menjangan

Buleleng, Dewata News. Com -  Perairan di kawasan Putri Menjangan di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, memiliki k...


Buleleng, Dewata News. Com - Perairan di kawasan Putri Menjangan di Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, memiliki kekayaan hutan manggrove dan keindahan terumbu karang bawah laut. Penyelam lokal dan berbagai negara mencintai perairan tersebut sebagai aset tak ternilai harganya.

Hal itu pula dilakukan Forum Konservasi Pulau Menjangan (FKPM) dengan menenggelamkan sepuluh patung untuk ditumbuhi terumbu karang di perairan Putri Menjangan. Sejumlah penyelam mengambil momentum Hari Pahlawan, menenggelamkan patung termasuk aksi pengibaran bendera merah putih.

Anggota Badan Pendiri FPMK, Abdul Hari menjelaskan,  patung terbuat dari bahan semen dan pasir berjumlah 10 buah mengambil kisah Putri Menjangan yang sering dipentaskan dalam calonarang. Pesan diselipkan untuk selalu menjaga alam. “Kami tenggelamkan bertahap patung 10 buah. Satu patung Putri Menjangan, dua patung Putri Duyung. Jenis lainnya, ada dua patung dayang, dua patung panglima, termasuk dua patung prajurit dan satu patung berbentuk kakek. Konon bercerita memberi nasehat untuk putri senantiasa merawat alam dan isinya,” jelasnya.

Cukup banyak pihak terlibat menurunkan patung dengan panjang 120 cm dan berat 1,3 kuintal di kedalaman 11 sampai 15 meter dari permukaan laut. Bahkan sebanyak 30 orang aktivis dari FKPM, aktivis Biosfer Foundation, LSM dari Amerika Serikat dan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, ikut membantu usaha konservasi di perairan kawasan Putri Menjangan.

Konon pembuatan patung hasil swadaya antar anggota. Biaya dikeluarkan mencapai Rp 10 Juta.

“Patung setelah ditenggelamkan akan ditumbuhi karang perlahan-lahan tiga bulan ke depan. Kami harap patung di dasar laut dapat menjadi destinasi wisata bawah laut di kawasan Putri Menjangan. Wisatawan pecinta diving bisa lebih tertarik. Kami juga menanam manggrove untuk dirawat sebagai aksi nyata pelestarian lingkungan,” paparnya.
                                                                      Made Tirthayasa

Berita Terkait

Kabar Buleleng 1012962012378112957

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item