Universitas Udayana Gelar Mahasisya Upanayana XIV

Badung, Dewata News. Com  - Universitas Udayana mengadakan sebuah kegiatan pawintenan untuk mahasiswa baru yang beragama Hindu di ling...


Badung, Dewata News. Com  - Universitas Udayana mengadakan sebuah kegiatan pawintenan untuk mahasiswa baru yang beragama Hindu di lingkungan Universitas Udayana pada Sabtu, 15 Oktober 2016 kemarin. Kegiatan pewintenan ini dikenal dengan nama Mahasisya Upanayana (MU). 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan dan sudah diselenggarakan sebanyak 14 kali sampai sekarang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Persaudaraan Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Udayana (FPMHD-Unud) sebagai satu-satunya wadah perkumpulan mahasiswa Hindu di lingkungan Universitas Udayana. 
Kegiatan Mahasisya Upanayana XIV mengambil tema “Ateguh ing Jnana, Mapageh ing Kasatyan” yang artinya “Teguh pada Pengetahuan, Kokoh pada Kebenaran”. 

Kegiatan ini melibatkan 3041 orang mahasiswa beragama Hindu Universitas Udayana yang bertempat di Padmasana Widya Maha Saraswati Kampus Bukit Jimbaran yang dimulai pukul 8 pagi dan dipuput oleh Ida Rsi dari Griya Tembawu. Kegiatan Mahasisya Upanayana sendiri tidak hanya pawintenan saja, tapi ada banyak acara hiburan yang berlangsung di Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana. 
Acara pertama diawali dengan  penampilan Tari Saktining Tri Datu yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswa Hindu di lingkungan Universitas Udayana. 


Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia MU XIV, kemudian sambutan dari Gde Wikan Pradnya Dana selaku Koordinator Umum FPMHD-Unud 2016/2017, sambutan dari Penasehat FPMHD-Unud dan sambutan Rektor Universitas Udayana yang diwakili oleh Wakil Rektor III Universitas Udayana yaitu Dr. I Nyoman Suyatna, S.H., M.H. dan sekaligus membuka acara secara resmi ditandai dengan pemukulan gong bersama penasehat FPMHD-Unud yaitu Prof. Dr. Ir. I Nyoman Sucipta,MP, Koordinator Umum FPMHD-Unud serta Ketua Panitia MU XIV.

I Ketut Eriadi Ariana selaku Ketua Panitia Mahasisya Upanayana XIV dalam laporannya menyebutkan bahwa terlaksananya kegiatan Mahasisya Upanayana Universitas Udayana dengan harapan Mahasiswa Hindu Baru Universitas Udayana memiliki identitas Hindu melalui kegiatan pawintenan untuk mensucikan diri agar secara lahir dan bathin siap menimba ilmu serta pemahaman tentang arti penting pengamalan ajaran-ajaran agama Hindu pada jiwa mahasiswa sehingga nantinya ilmu yang diperoleh dapat diamalkan sesuai dengan swadharmanya masing-masing. 

Kegiatan MU XIV ini juga diisi dengan acara Dharma Tula yang dibawakan langung oleh Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si. selaku Direktur Pendidikan Agama Hindu Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI dengan diskusi mengenai konsep kepemimpinan Hindu. Kemudian dilanjutkan dengan acara Demisioner pengurus FPMHD-Unud periode 2015/2016 dan pelantikan pengurus baru FPMHD-Unud periode 2016/2017. 

Acara ini dimeriahkan oleh bintang tamu Nyanyian Dharma yang membawakan 4 buah lagu dan kegiatan MU XIV ini ditutup dengan acara Lawak yang dibawakan oleh Lawak Bali MKP dengan lawakannya yang dapat menciptakan gelak tawa seluruh peserta dan panitia MU XIV. 
Dengan terlaksananya kegiatan Mahasisya Upanayana XIV ini, diharapkan nantinya mahasiswa baru Universitas Udayana yang telah secara lahir dan bathin resmi menjadi bagian dari mahasiswa Hindu Universitas Udayana dan diharapkan mampu menjadi kader-kader muda Hindu di masa yang akan datang sehingga mampu membawa nama baik Hindu di mata dunia.(DN - HIJ)

Berita Terkait

Breaking News 3528331497265538120

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item