Hadiri Karya Nyatur, Wagub Sudikerta Himbau Masyarakat Ajegkan Bali melalui Yadnya

Gianyar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,  menghadiri Piodalan Nyatur lan Mapedudusan Alit di Pura Desa Pekraman...


Gianyar, Dewata News. Com - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,  menghadiri Piodalan Nyatur lan Mapedudusan Alit di Pura Desa Pekraman Mawang, Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar pada Rabu (26/10).

Pada kesempatan tersebut Wagub Sudikerta mengungkapkan apresiasinya atas ritual yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh krama Desa Mawang.  Ia menghimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan yadnya sesuai dengan kemampuan yang ada,  karena beryadnya merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya dan mengajegkan Pulau Bali ini.

Menurutnya,  ditengah globalisasi saat ini banyak masyarakat yang mulai melupakan kewajibannya untuk beryadnya atau banyak yang terkena pengaruh luar untuk tidak mengindahkan budaya Bali yang dimiliki sejak turun temurun.  Agar budaya Bali dalam hal pelaksanaan upacara yadnya ataupun yang lainnya,  tidak dilupakan oleh masyarakat,  maka orang nomor dua di Bali tersebut menghimbau masyarakat agar tetap mengingat kewajibanya dalam beryadnya,  dengan catatan harus disesuaikan oleh kemampuan masing-masing,  sehingga yadnya yang terkesan jor-joran tersebut,  tidak dilakukan oleh masyarakat. Untuk,  Wagub Sudikerta mengingatkan  budaya beryadnya seperti ini harus tetap dipertahankan. 

Sementara itu Bendesa Adat Pekraman Mawang  Wayan Tunas, mengucapkan terimakasih atas petunjuk yang diberikan oleh Wagub Sudikerta.  Ia berharap masyarakatnya dapat meresapi yang telah disampaikan dan melaksanakannya.  Terkait dengan upacara tersebut ,  telah dilakukan sejak tanggal 25 Oktober sampai dengan tanggal 30 Oktober 2016 nanti.  Sedangkan pada hari tersebut dilaksanakan puncak upacara yang dipuput oleh Ida Pedanda Griya Wanasari dari Griya Kemenuh. Ia berharap dengan dilakukannya upacara ini,  keseimbangan antara bhuana alit dan bhuana agung dapat berjalan dengan Harmonis dan memberikan ketentraman  kepada seluruh masyarakat Desa.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Asisten Ekonomi pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Dewa Made Sunarta, Perwakilan Anggota DPRD Kabupaten Gianyar,serta undangan lainnya. (DN - EkA)

Berita Terkait

Breaking News 3204245330088715367

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item