Bawa Syarat Dukugan, SURYA ”Show of Force” Tengah Hari ke KPU Buleleng

Buleleng, Dewata News.com —  Tanpa peduli panasnya terik matahari tengah hari, sekitar pukul 13.00 Wita ribuan pendukung bakal pasangan...


Buleleng, Dewata News.com —  Tanpa peduli panasnya terik matahari tengah hari, sekitar pukul 13.00 Wita ribuan pendukung bakal pasangan calon (paslon) Dewa Nyoman Sukrawan –  Gede Dharmawijaya yang masing-masing didampingi istri dengan jargon SURYA (Saatnya Untuk Rakyat Sejahtera) menyerahkan puluhan ribu fotocopy KTP untuk memenuhi syarat dukungan minimal ke kantor Sekretariat KPU Kabupaten Buleleng di Jalan A.Yani Singaraja, Sabtu (01.10).

     Keberangkatan ribuan pendukung bakal paslon pereorangan Sahabat Sukrawan ini, membuktikan janjinya show of force  dari kawasan Taman Kota Singaraja berjalan kaki yang dikemas dalam parade budaya menyusuri Jalan Ngurah Rai – Jalan Pramuka – Jalan Ahmad Yani, sehingga menarik perhatian masyarakat yang dilewati.

     Beberapa saat setelah sampai di kantor Sekretariat KPU Buleleng, datang Pimpinan Parpol pendukung, di antaranya Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Ketut Sudikerta didampingi Seketaris Nyoman Sugawa Korry beserta pengurus lainnya.

     Kehadiran orang nomor satu di partai berlambang pohon beringin di Bali ini, diakui Sudikerta, untuk memberikan support secara moral maupun material agar bakal paslon SURYA bias lolos dan berlaga di Pilkada Buleleng 2017. Dan bakal calon Gubernur Bali dari Partai Golkar ini berharap agar pertarungan head to head  dalam Pilkada Buleleng 2017 bisa memenangkan perhelatan demokrasi tersebut untuk memimpin Buleleng 5 tahun ke depan melanjutkan pembangunan di Buleleng.

    Bahkan, Sudikerta mengaku telah mengupayakan pemenuhan syarat dukungan lagi sekitar 18 ribu KTP, begitu juga dari parpol pendukung lain, Partai Demokrat. ”Perjuangan dukungan ini dilakukan agar bakal paslon SURYA bisa lolos penuhi syarat dukungan dalam Pilkada Buleleng, sebagai bentuk dukungan moral maupun material,” kata Sudikerta menampik manuver politik Golkar untuk mengajukan bakal paslon.

    Ia juga mengajak semua kader Partai Golkar untuk mendukung bakal paslon independent sesuai surat DPP Partai Golkar, bahwa paslon independent SURYA ini harus lolos sehingga bias berlaga tarung di Pilkada Buleleng, 15 Februari 2017 ”Untuk upaya pemenangan paslon SURYA itulah, kami datang kesini memberikan dukungan,” imbuhnya.

    Sebagai bakal calon bupati jalur independent, Dewa Sukrawan mengungkpakan, massa pendukung yang ikut mengantarkan jumlah syarat dukungan ke KPU Buleleng sudah lebih dari apa yang disampaikan ke Polres Buleleng, sekitar 1500 massa. ”Jumlah dukungan berupa fotocopy KTP dari hampir seluruh kecamatan di Buleleng, yakni 49.560 KTP,” imbuhnya.

    Ketua KPU Buleleng Gede Suardana usai memimpin rapat pleno mengaku, telah menerima perbaikan syarat dukungan dari bakal paslon perseorangan Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharmawijaya. Setelah itu, mulai hari ini juga, KPU Buleleng melakukanproses  penghitungan jumlah dukungan yang diserahkan. Dimana syarat dukungan yang diserahkan adalah 43.196 yang diperoleh dari dua kali lipat dari kekurangan yang sudah dilakukan pada verifikasi factual  tahap pertama.

      ”Jadi jumlah dukungan yang harus diserahkan ke KPU Buleleng adalah sekurang-kurangnya dua kali ipat dari kekurangan yang sudah dilakukan pada verifikasi factual atau sejumlah 43.196 dukungan,” kata Suardana.

      Kemudian, lanjut Suardana, dalam proses ini yang pertama dilakukan KPU Buleleng adalah melakukan penghitungan dengan melibatkan tim dari KPU Buleleng, disamping tim penghubung dari bakal paslon perseorangan dan juga pengawasan dari Panwaslih Buleleng.

     ”Kami akan melakukan proses enghitungan sesegera mungkin untuk mengetahui, apakah syarat perbaikan yang diserahkan ke KPU Buleleng sudah memenhi syarat minimal perbaikan, dan berharap bias kami tuntaskan dalam waktu secepatnya, karena tidak ada batas akhir masa penghitungan,” ungkap Suardana.


    Dalam proses penghitungan ini, dijelaskan Suardana, akan diketahui nanti apakah sudah memenuhi syarat perbaikan atau sekurang-kurang 43.196 dukungan. Jika dukungannya lebh dari 43.196 dimaksud, maka KPU Buleleng akan menerbitkan berita acara tanda terima dan juga surat keputusan, bahwa dokumen dukungan perbaikan bisa dilanjutkan dengan proses  verifikasi factual.  Jika jumlah dukungan perbaikan syarat minimal kurang dari 43.196, maka KPU Buleleng akan menerbitkan surat keputusan, bahwa dukungan perbaikan syarat minimal yang diserahkan bakal paslon perseorangan tidak memenuhi syarat.

    Langkah selanjutnya, lanjut Suardana, KPU menunda tahapan,yang kemudian KPU Buleleng melakukan sosialisasi pembukaan pendaftaran baru dilanjutkan dengan membuka pendaftaran baru dalam waktu tiga hari.

    Pengamanan terhadap kegiatan bakal paslon perseorangan SURYA dari aparat pengamanan Kepolisian di back-up TNI (Kodim dan Yonif Raider 900/SBW bersenjata lengkap) dilakukan sejak pukul 10.00 Wita di sejumlah titik pergerakan massa pendukung yang dikendalikan oleh Kabag Ops Polres Buleleng Kompol Joni Ardana Putra. (DN – TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2846644531384161800

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item