Rayakan HUT Bali Mandara ke 8, Pastika Tegaskan Bali Adalah Miliki Bersama

Denpasar, Dewata News. Com -  Delapan tahun sudah program Bali Mandara yang bergulir sejak 28 Agustus 2008 sampai dengan saat ini 28 Agus...


Denpasar, Dewata News. Com - Delapan tahun sudah program Bali Mandara yang bergulir sejak 28 Agustus 2008 sampai dengan saat ini 28 Agustus 2016. Di tahun ke delapan perjaanannya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menegaskan komitmen para pemangku kepentingan dan stakeholder dan juga masyarakat bahwa Bali tersebut adalah milik bersama yang harus maju, aman, damai dan sejahtera. Demikian ia sampaikan dalam sambutannya saat Perayaan HUT ke 8 Bali Mandara yang dilaksanakan di Sekar Tunjung Center (STC), Denpasar, Minggu(28/8).

“Semua saya undang disini untuk bertemu guna meneguhkan kembali komitmen kita bahwa Bali ini adalah milik bersama, bahwa Bali ini harus maju, Bali ini harus aman, Bali ini harus damai, dan Bali ini harus sejahtera, Bali Mandara,” tegas Pastika yang menurutnya saat ini Bali telah berada pada trek yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Visi Bali Mandara tersebut. 

Menurutnya sejak Bali Mandara tersebut bergulir, sesuai dengan data BPS, angka kemiskinan di Bali menurun dari 6,7% di tahun 2008, sekarang menjadi 4,25% begitu juga dengan pengangguran, gini ratio dan juga Indeks Pembangunan Manusia. 

“Secara garis besar Bali saat ini sudah bagus, walupun memang saat ini masih banyak kekurangan yang harus kita akui, namun walaupun demikian kondisi Bali saat ini berada dalam kemajuan yang artinya kita sedang on the way menuju salah satu visi Bali Mandara tersebut yakni Bali yang maju,” jelas Pastika. 

Lebih lanjut menurut Pastika, dari sisi keamanan saat ini Bali dapat dikatakan dalam kondisi aman daripada tahun – tahun sebelumnya. Ia menjelaskan terdapat beberapa upaya untuk mengancam keamanan Bali namun hal tersebut masih bisa diatasi berkat dukungan berbagai pihak dan juga Ida Sang Hyang Widhi. 

“Upaya keamanan di Bali itu 25% sekala dan 75% niskala, jadi memang Tuhan sangat memberkati kita semua sehingga kita bisa segera tahu dan cegah ancaman – ancaman tersebut,” imbuh Pastika.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Pastika juga memperkenalkan sosok dibalik Visi Bali Mandara tersebut. 

“Bali Mandara itu pertama kali dicetuskan oleh sahabat saya yang sangat luar biasa, integritasnya tinggi yakni Bapak Mayjen TNI Purn. I Putu Sastra Wingarta,” tegas Pastika yang dalam kesempatan tersebut menyempatkan diri untuk menceritakan bagaimana awal terciptanya visi Bali Mandara tersebut. 

“Bali Mandara ini beliau inilah yang mengagaskan, saya harus akui, saya tidak pernah mengakui itu adalah hasil pikiran saya, orangnya sangat low profile tetapi pikiran dan kecintaan beliau terhadap Bali sangat luar biasa,” jelas Pastika yang pada saat itu, kata – kata Bali Mandara sangat cocok dengan keinginanannya yang ingin menjadikan Bali sebagai wilayah yang memiliki pengaruh besar walaupun dengan luas dan kondisi Bali saat itu yang tidak seberapa. 

“Singapura itu sepertujuh Bali, Israel juga tapi mereka bisa berkiprah di dunia dengan luar biasa, kenapa kita tidak bisa? Mestinya kita bisa, kita memiliki potensi yang sama dan bahkan lebih hebat dari mereka,” tegas Pastika yang menurutnya modal yang dimiliki oleh Bali jauh lebih hebat karena menurutnya Bali itu berbudaya, memiliki kondisi alam yang subur, orang yang ramah dan potensi hebat lainnya.

Oleh karena visi Bali Mandara yang memiliki tujuan untuk menjadikan bali yang besar dan agung, maka munculah program – program yang saat ini sudah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat Bali seperti, JKBM, Bedah Rumah, Simantri, Gerbangsadu dan program prioritas yang lainnya. 

“semua tujuannya berpulang kepada visi Bali Mandara yakni Bali yang maju aman damai dan sejahtera.,” imbuh Pastika yang dalam kesempatan tersebut juga turut didampingi oleh Ny. Ayu Pastika.

Perayaan HUT ke 8 Bali Mandara juga turut di hadiri oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Ady Wiryatama, Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, Nyoman Sugawa Korry dan Gusti bagus Alit Putra, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumantri, anggota DPRD Provinsi Bali, kepala SKPD di Lingkungan Provinsi Bali dan elit – elit partai politik di Bali serta masyarakat/simpatisan Bali mandara. 

Acara perayaan tersebut juga diisi dengan penyerahan bantuan wastra kepada 115 pemangku yang diserahkan langsung oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan acara hiburan yang menampilkan Genjek Tradisional Kadung Iseng dari Desa Bunutan Seraya, Karangasem dan juga penampilan artis – artis Bali yang tergabung dalam Rocky’N. (DN - HuM)

Berita Terkait

Breaking News 2129241255362386722

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item