30 Hexadome Ditenggelamkan Diperairan Laut Desa Penuktukan

B uleleng,  Dewata News.com  —  Setelah sebelumnya Desa Bondalem menggelar kegiatan  Coral Reef Conservation  atau Konservasi Terumbu K...


Buleleng, Dewata News.com — Setelah sebelumnya Desa Bondalem menggelar kegiatan Coral Reef Conservation atau Konservasi Terumbu Karang, kini disusul oleh Desa Penuktukan di Kecamatan Tejakula kembali menggelar kegiatan serupa.
 
Kegiatan ini diselenggarakan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, dengan penenggelaman sebanyak 30 hexadomeke laut dalam rangka konservasi terumbu karang,  Jumat (19/08).
 
Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana didampingi oleh Wakil Bupati Nyoman Sutjidra, disamping perwakilan dari Dinas Perikana dan Kelautan Provinsi Bali, Kepala SKPD lingkup Pemkab Buleleng dan juga Camat Tejakula, Nyoman Widiartha.
 
Ditemui saat penenggelamanhexadome, Bupati Buleleng yang akrab disapa PAS ini mengungkapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Desa Penuktukan yang telah melaksanakan swadaya untuk konservasi terumbu karang ini. Semangat masyarakat Desa Penuktukan patut dihargai, karena tiga pilar pembangunan salah satunya adalah partisipasi masyarakat dimulai dengan edukasi.
 
“Partisipasi ini sangat diperlukan. Bila masyarakat sudah berpatisipasi ini yang akan menjadi hal yang hebat. Melestarikan alam ataupun terumbu karang ini sangat penting. Nanti kesejahteraan kembali kepada nelayan kita,” ungkapnya.
 
Pihaknya menaruh harapan kepada masyarakat Desa Penuktukan bisa menjadi sentra diving juga di wilayah Buleleng Timur dalam dua atau lima tahun nanti.                                         
 
”Wilayah Desa Penuktukan ini sangat cocok untuk pengembangan wisata bahari atau diving, karena di sekitar wilayah ini tidak ada sungai yang mengalir. Sungai di wilayah ini hanya mengalir pada saat musim penghujan, sehingga tinggal menjaga saja agar terumbu karang tidak tertimbun lumpur. Mudah-mudahan nelayan di desa ini bisa paham dengan upaya konservasi ini bisa menambah penghasilan. Untuk nelayan yang menangkap ikan kita dorong untuk mengajukan bantuan rumpon agar ikan yang diluar tidak diganggu,” imbuhnya.
 
Disinggung mengenai promosi, Bupati PAS murah senyum ini menjelaskan, Buleleng sudah mempunyai Buleleng Bali Dive Festival (BBDF). Bila konservasi terumbu karang sudah bagus di wilayah timur, kedepannya BBDF akan dipindahkan ke wilayah timur. Memang tahun ini BBDF masih di Pemuteran. Tahun depan kalau semua sudah siap di wilayah timur, BBDF akan dipindahkan ke wilayah timur.
 
“BBDF ini merupakan ajang promosi yang bagus, karena sudah masukcalendar event Kementrian Pariwisata. Namun, bukan hanya festivalnya yang kita banggakan. melainkan upaya-upaya konservasi dan upaya promosi oleh Kementrian Pariwisata,” jelasnya.
 
Pada penenggelaman hexadome ini diselenggarakan juga diskusi yang melibatkan berbagai narasumber.Para penyelam pun ikut membantu untuk penenggelaman hexadomeini. (DN ~ TiR)

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2598511890205171359

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item