Kasat Lantas Sumadra Kerthiawan: Sikapi Jalan Berliku dengan Rambu ”Scotlihgt”

Ilustrasi Buleleng,  Dewata News.com  —  Sebagai pejabat yang baru di wilayah hukum Polres Buleleng, Kasat Lantas, AKP Gede Sumadra K...

Ilustrasi
Buleleng, Dewata News.com — Sebagai pejabat yang baru di wilayah hukum Polres Buleleng, Kasat Lantas, AKP Gede Sumadra Kerthiawan beserta jajarannya terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di kabupaten belahan Utara pulau Dewata itu.

Salah satu upaya yang merupakan terobosan teranyar yang telah dilakukan Kasat Lantas asal Singaraja, Buleleng ini, dengan memberikan sosialisasi mewujudkan kamtibcanlantas, sekaligus penanganan laka lantas dengan mengoptimalkan peran dan fungsi 148 anggota Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Buleleng.
 
"Upaya lain dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan, seperti paytroli ke daerah rawan kecelakaan, melaksanakan kegiatan razia bermotor, upaya penerangan keliling oleh Unit Dikyasa untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna jalan raya,” kata Kasat Lantas AKP Gede Sumadra Kerthiawan di Singaraja, Selasa (14/06).
 
Seijin Kapolres Buleleng AKBP Made Sukawijaya, mantan Kasat Lantas Polres Jembrana ini menilai, terjadinya pelanggaran yang cendrung mengakibatkan laka lantas, selain factor manusian, juga prasarana jalan yang berliku dan tikungan tajam, khususnya jalan jurusan Singaraja-Gitgit-Pancasari.

Menyikapi jalan berliku, menurut Kasat Lantas AKP Gede Sumadra Kerthiawan, diawali dengan melakukan pengecekan rambu-rambu, agar pada malam hari tampak oleh pengguna jalan. Sebab, selama ini jalan dengan tikungan tajam itu tidak begitu, sehingga diperlukan rambu scotlhight.
 
Menurut dia, rambu yang memiliki pantulan terang itu yang diperlukan nanti dan dengan memasang papan himbauan yang menjelaskan beberapa meter akan ada jalan berliku.
 
Terkait permasalahan ini, pihaknya akan sampaikan pada kegiatan Rakor Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kabupaten Buleleng. Sebab, Dinas Perhubungan maupun Dinas Pekerjaan Umum yang mempunyai kewenangan otoritas pemegang imprastruktur jalan itulah yang akan lakukan untuk mengatasi masalah rekayasa jalan.
 
”Sebenarnya rambu maupun marka sudah cukup, namun menugingat situasi jalan yang berliku perlu diadakan peningkatan rambu maupun alat lalu lintas lainnya, agar pada malam hari bisa maksimal tampilanya seperti rambu yang ada scotlight-nya, marka jalan yang lebih terang, sehingga tampak lebih jelas oleh pengendara kendaraan bermotor,” imbuhnya.
 
Kasat Lantas Polres Buleleng AKP Gede Sumadra Kerthiawan juga mengatakan, akan mengoptimalkan dan memperdayakan personil perbatasan di Pos Wira Satya Pancasari untuk melakukan patroli secara terpadu, baik dari Unit Lantas maupun Sabhara Polsek Sukasada. (DN ~ TiR).

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

Event Partner

YURA Shop

Populer

item