Terima Senator dan Duta Besar Republik Ceko, PJ. Gubernur Bahas Beberapa Poin Kerjasama - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/17/24

Terima Senator dan Duta Besar Republik Ceko, PJ. Gubernur Bahas Beberapa Poin Kerjasama



Denpasar, dewatanews.com - Penjabat (Pj) Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya pagi ini Jumat (17/5) bertempat di Kediaman Gubernur, Jayasabha, menerima audiensi dari Senator Republik Ceko Tomas Jirsa dan Duta Besar Republik Ceko Untuk Indonesia Jaroslav Dolecek. Pertemuan ini membahas beberapa rencana kerjasama seperti kerjasama bidang pariwisata, transportasi dan pengelolaan sampah. 

Senator Republik Ceko Tomas Jirsa menyampaikan terima kasih dan kagum terhadap nama Bali di mata dunia pariwisata seluruh dunia. Dengan pariwisata yang begitu unik dengan kebudayaannya mampu membuat Bali sangat disenangi dan disegani oleh wisatawan mancanegara. Termasuk progres Bali saat bangkit dari pandemi Covid-19 tentu tidak mudah dan dunia melihat saat ini Bali mulai bangkit untuk memulihkan kembali pembangunannya. 

Melihat hal tersebut, lanjut Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek mengatakan bahwa Pemerintah Republik Ceko sangat ingin berkolaborasi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi, pariwisata dan lainnya. 

“Hal yang mungkin kita bisa kerjasama disini seperti transportasi yaitu mengatasi kemacetan yang ada di Bali yang kami nilai sudah cukup urgent, selain itu dalam penanganan sampah dengan teknologi yang kami gunakan di Ceko juga selain itu mungkin dalam bidang teknologi pertanian juga bisa kita jajaki mengingat industri pertanian sangat penting bagi suatu negara,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Pj. Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya menyampaikan terima kasih atas apresiasi Pemerintah Ceko terhadap Bali. Dimana Bali, merupakan salah satu Provinsi di Indonesia, tidak memiliki sumber daya alam minyak dan gas, namun Bali memiliki sumber daya alam dan budaya yang unik sehingga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Oleh karena itu mempertahankan destinasi wisata, baik dari segi budaya, lingkungan maupun lainnya sangat menjadi fokus Pemprov Bali.

“Terkait kemacetan di Bali memang saat ini sangat menjadi fokus kami, dan kami telah berencana untuk membangun transportasi umum seperti MRT sehingga dapat mengurangi kemacetan. Sedangkan untuk pengelolaan sampah kami sangat terbuka jika ada yang berinvestasi di Bali dalam membantu kami dalam penanganan sampah, untuk saat ini kami telah menerapkan beberapa solusi dalam penanganannya,” ucap Mahendra Jaya.

Untuk itu, Pj. Gubernur Bali berharap para delegasi Republik Ceko dapat berunding lebih lanjut dengan Kepala Dinas untuk teknis kerjasama yang akan dilakukan, sehingga diskusi secara mendalam dapat dilakukan dan hasilnya dapat dijalankan. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, Kepala Bappeda Provinsi Bali I Wayan Wiasthana Ika Putra, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara serta Delegasi dari Republik Ceko.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com