Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Rutan Kelas IIB Negara Gelar Pemeriksaan Kesehatan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/19/24

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Rutan Kelas IIB Negara Gelar Pemeriksaan Kesehatan



Jembrana, dewatanews.com - Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal kepada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Jumat, (19/4).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pemasyarakatan sehat dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 tahun 2024 yang dilaksanakan serentak di seluruh Lapas/Rutan/LPKA se-Indonesia. 

Dalam pelaksanaannya, Rutan Kelas IIB Negara bekerja sama dengan Puskesmas I Negara. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan antropometri, tanda-tanda vital dan pengecekan gula darah, bagi pegawai maupun WBP yang memiliki keluhan terhadap kesehatannya atau ditemukan terdapat kondisi yang kurang baik, diberikan terapi obat-obatan.

Pegawai dan WBP nampak antusias mengikuti kegiatan ini yang sekaligus menjadi kesempatan untuk berkonsultasi dan berdiskusi mengenai kesehatan.

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan Rutan Kelas IIB Negara dan khususnya kepada tim medis Puskesmas I Negara karena telah membantu penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal ini. 

"Kegiatan ini sebelumnya telah rutin kami laksanakan setiap bulannya terhadap WBP yang sakit, namun kali ini kami laksanakan secara massal kepada pegawai dan WBP yang sehat maupun yang sakit untuk memantau kondisi kesehatan dan deteksi dini potensi masalah kesehatan," ucap Lilik.

Lebih lanjut Lilik menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pegawai Rutan dan WBP.

"Kesehatan merupakan prioritas utama untuk menjalani aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara, dr. Putu Sukma Fajar selaku dokter umum Pukesmas I Negara usai kegiatan menyampaikan, bahwa kondisi kesehatan pegawai dan WBP Rutan Negara sudah baik, hanya terdapat sebagian kecil dari warga binaan yang memiliki keluhan seperti batuk, pilek dan gula darah sedikit meningkat. Kami
berikan terapi dan edukasi atas keluhannya.

"Semoga apa yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat bagi pegawai dan WBP di Rutan Kelas IIB Negara dan membantu warga binaan menjalani masa pembinaan di Rutan dengan sehat dan produktif,” kata dr Sukma Fajar.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com