Tumpek Landep, Jasa Cuci Motor dan Mobil Rutan Kelas IIB Negara Laris Manis - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/30/23

Tumpek Landep, Jasa Cuci Motor dan Mobil Rutan Kelas IIB Negara Laris Manis



Jembrana, dewatanews.com - Salah satu pembinaan kemandirian dibidang jasa yang ada di Rutan Kelas IIB Negara ialah jasa cuci motor dan mobil yang tempatnya di area Rutan, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara. Dihari tumpek landep pada Sabtu (31/12), nampak laris manis. 

Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono mengatakan, bahwa kegiatan pembinaan ini diberikan kepada warga binaan untuk menambah skill yang mereka miliki. Omset harian pencucian motor dan mobil ini nantinya akan dilaporkan sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kemudian disisihkan untuk honor atau premi warga binaan yang bertugas sebagai upah kerja dan ketekunan dalam menjalankan pembinaan.

"Kegiatan cuci motor dan mobil ini merupakan kegiatan pembinaan untuk warga binaan, selain itu bisa untuk menghilangkan rasa kejenuhan. Kegiatan ini juga mampu memberikan pengalaman yang berguna saat mereka kembali nanti ke masyarakat setelah selesai menjalani pidana," ucap Lilik.

Sementara salah satu warga binaan yang berinisial Z.A (28), mengaku bahwa ia dan rekannya mampu mencuci sepuluh kendaraan bahkan lebih untuk setiap harinya.

Salah satu yang menjadi daya tarik cuci motor dan mobil Rutan Kelas IIB Negara adalah tarifnya yang relatif murah, yakni Rp. 10 ribu untuk motor kecil dan Rp. 15 ribu untuk motor besar sedangkan mobil Rp. 30-50 ribu.

"Setiap hari memang selalu ramai, apalagi seperti hari-hari keagamaan seperti hari ini yaitu hari tumpek landep, dua hari kami bisa dapat sekitar satu sampai dua juta rupiah," ungkapnya.

Disisi lain, Hardia (22) seorang pemuda yang menjadi salah satu pelanggan setia di tempat cuci motor dan mobil Rutan Negara mengaku sudah sering mencuci motor miliknya ditempat ini.

"Saya sering menggunakan jasa cuci motor disini, sering lewat ditempat ini sekalian cuci motor disini, dan hasilnya bersih dengan harga terjangkau," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com