Program Ayam Plastik, DPUTR Kabupaten Buleleng Bagikan 135 ekor Ayam Jelang Hari Raya Galungan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/1/23

Program Ayam Plastik, DPUTR Kabupaten Buleleng Bagikan 135 ekor Ayam Jelang Hari Raya Galungan


Buleleng, dewatanews.com - Setiap enam bulan menjelang Hari Raya Galungan, program ayam plastik kembali digulirkan. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang membagikan 135 ekor ayam kepada tenaga drainase, sopir, satpam dan tenaga kebersihan di kantor Dinas PUTR karena telah berhasil mengumpulkan sampah plastik.

“Ini merupakan inovasi kami di Dinas PUTR untuk mengurangi sampah plastik. Dimana pegawai drainase yang setiap hari bekerja di lapangan mengumpulkan sampah plastik hasil kerjanya. Setiap bulan akan ditimbang dan dijual ke pengepul yang dikoordinir oleh mandornya. Hasil penjualannya dikumpulkan dan dibelikan ayam merah menjelang Hari raya Galungan ini. Astungkara dapat membantu meringankan kebutuhan hari raya utamanya untuk daging.”ungkap Kadis PUTR I Putu Adiptha Eka Putra dikonfirmasi terpisah, Senin,(31/7).

Lebih lanjut, jelas Kadis Adiptha rata-rata pegawai drainase bise mengumpulkan sampah plastik kurang lebih 200 kg atau senilai kurang lebih 1 juta rupiah perbulan.” Ini sangat simpel sebetulnya, namun saat momen hari raya sangat berarti bagi pegawai kami.

Tambah Kadis Adiptha, bahwasannya program ayam plastik ini telah tercatat sebagai inovasi pada Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, yang sejak 2 tahun lalu telah berjalan. Ini bukan semata-mata untuk lingkungan dengan mengurangi sampah plastik, tapi juga bermanfaat bagi pegawai kami.

Selain kegiatan yang bersifat sosial jelang Hari Raya Galungan ini, dalam Hari Bakti PU di bulan Desember ini akan diadakan kegiatan bakti sosial, membantu anak yatim piatu, donor darah dan bantuan lainnya secara eksternal. 

“Program ayam plastik ini sebagai kegiatan internal,” imbuhnya.

Diharapkan ke depan program ayam plastik ini tidak hanya menyasar pegawai drainase atau petugas lapangan, namun akan makin aktif menyasar seluruh pegawai tidak hanya saat bekerja di lapangan namun mengumpulkan sampah plastik dari rumah masing-masing.

”Selain menjaga kebersihan mengurangi beban sampah daerah juga berdampak positif buat masyarakat. Sampah ini akan memiliki nilai untuk membantu ekonomi keluarga,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com