15 Sawa Ikuti Ngaben Masal di Banjar Sental Kangin Desa Ped, Nusa Penida - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/7/23

15 Sawa Ikuti Ngaben Masal di Banjar Sental Kangin Desa Ped, Nusa Penida


Klungkung, dewatanews.com - Meskipun sempat diguyur hujan, Prosesi Upacara Pitra Yadnya yakni ngaben secara massal yang dilangsungkan masyarakat Banjar adat Sental Kangin, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung pada Jumat (7/7) pagi. 

Puluhan warga yang Sebagian besar merupakan warga Banjar Adat Sental Kangin dengan khusyuk mengikuti prosesi upacara yang hari ini menjadi puncaknya. Ditandai dengan upacara pengabenan serta dilanjutkan prosesi nyerbu atau mecaru desa di Setra (Kuburan) Setempat.

Prawartaka atau ketua panitia upacara Pitra Yadnya tersebut, Kadek Parnata menyampaikan bahwa secara umum keseluruhan prosesi yang rangkaiannya sudah dimulai sejak 21 Juni 2023 lalu ini berjalan dengan baik dna lancer. 

“Saya sampaikan pelaksanaan upacara pitra yadnya di Sental Kangin berjalan dengan baik. Dudonan acara mulai dari Mapiuning dan Nacep tetaring hingga acara puncak hari ini terlaksana dengan baik,” kata Parnata yang menyebut pula rankaian upacara ini sellau dilaksanakan berkala.

Ia juga mengatakan kesuksesan acara tak lepas dari kekompakan warga setempat yang turun secara swadaya untuk menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan guna menjalankan keseluruhan prosesi yang ada. 

“Dalam kaitannya dengan hal tersebut, saya ucapkan terimakasih pada warga yang pada umumnya secara sukarela ikut gotong royong mensukseskan acara,” katanya lagi.

Parnata juga menjelaskan bahwa rangkaian Pitra Yadnya massal tersebut menghabiskan dana sejumlah Rp 350 Juta dengan sumber pendanaan dari swadaya masyarakat serta sejumlah donator. Total, terdapat 15 sawa yang mengikuti prosesi ngaben massal serta 14 peserta Ngelungah yang Sebagian besar merupakan warga Banjar adat Sental Kangin. Sedangkan Ida Pandita Rsi Agung Dwi Jaksara dari Griya Purna Asram, Desa Kutampim, Nusa Penida, Klungkung bertindak selaku pemuput upacara.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak I Made Satria, Anggota DPRD Kabupaten Klungkung yang turut serta berpartisipasi dalam ayahan-ayahan di rangkaian Pitra yadnya ini. Serta terima kasih pula kepada beliau atas dukungan berupa donasi yang diberikan snagat membantu lancarnya rangkaian upacara,” kata Parnata.

Rangkaian Pitra Yadnya di Banjar adat Sental kangin, Nusa Penida akan terus berlanjut dengan upacara Ngulapin, Ngangget Don Bingin, Ngajum Sekah, Ngeroras hingga akhirnya Sang Pitara bisa melinggih di masing-masing Kemulan lewat upacara Ngingkup pada 24 Juli 2023 mendatang.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com