Kenalkan Bank Sampah pada Anak-Anak, BBB Jembrana Laksanakan Belajar Gratis dengan Tukar Sampah Plastik - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/26/23

Kenalkan Bank Sampah pada Anak-Anak, BBB Jembrana Laksanakan Belajar Gratis dengan Tukar Sampah Plastik



Jembrana, dewatanews.com - Komunitas Bersih-Bersih Bali (BBB) Jembrana kembali melaksanakan kegiatan sosial yang menarik perhatian. Kali ini, mereka mengadakan kegiatan bertemakan "Belajar Gratis dengan Menukar Sampah Plastik". Sebagai komunitas yang aktif dan peduli terhadap lingkungan, BBB Jembrana sebelumnya sering melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah plastik di pantai, sungai, dan tempat umum di sekitar Kecamatan Jembrana.

Leader komunitas BBB Jembrana I Gusti Agung Ngurah Ari Kurniawan, mengatakan bahwa kegiatan belajar gratis dengan menukar sampah plastik ini dilaksanakan selama waktu liburan sekolah. 

"Kami melaksanakannya dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Minggu dan Kamis, selama waktu liburan sekolah. Untuk saat ini kami sudah laksanakan kegiatan ini sebanyak 5 kali. Di sini, kami ingin mengedukasi anak-anak tentang sampah," terangnya saat pelaksanaan kegiatan belajar gratis, pada Minggu (25/6), bertempat di rumah belajar BBB Jembrana, Jalan Sudirman no 20, Banjar Tegalasih, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana.

Ia juga menambahkan, dalam kegiatan ini anak-anak tampak bersemangat dan antusias mengikuti pelajaran. "Mereka datang dengan membawa sampah plastik seperti botol dan kaleng, kemudian sampah-sampah tersebut dikumpulkan dan anak-anak dilatih cara memilahnya sesuai kriteria yang ditentukan. Selanjutnya, mereka diajarkan untuk mengenal bank sampah," jelasnya.

Kegiatan belajar gratis dengan menukar sampah plastik ini menjadi langkah inovatif BBB Jembrana dalam mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sejak dini. Diharapkan, melalui kegiatan ini, generasi muda dapat tergerak untuk menjadi agen perubahan dalam melawan pencemaran sampah plastik dan menciptakan Bali yang lebih bersih dan lestari.

Sementara salah seorang pengajar dari komunitas BBB Jembrana, Ni Putu Hadomi Widiasih saat selesai memberikan materi pelajaran pada anak-anak yang mengikuti belajar gratis ini menyampaikan, kegiatan sosial kali ini melibatkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang sangat antusias mengikuti kegiatan belajar tersebut.

"Dalam kegiatan ini, syarat untuk bisa mengikuti belajar gratis adalah dengan membawa sampah plastik seperti botol plastik dan kaleng. Kemudian mereka dilatih untuk memilah sampah tersebut, anak-anak sangat berantusias dan bersemangat mengikuti kegiatan belajar, terutama dalam pelajaran pengenalan dasar bahasa Inggris, disini kami juga memberikan materi mata pelajaran lain yang diajarkan disekolah seperti matematika," ucapnya.

Disisi lain, Ni Gusti Agung Ayu Sri Anisa salah satu orang tua dari anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar gratis ini menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh komunitas BBB Jembrana, mampu ikut serta dalam mencerdaskan anak-anak bangsa, khususnya anak-anak disekitar desa.

"Saya sampaikan terima kasih kepada anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas ini, kegiatan sosial yang dilaksanakan sangatlah positif, membantu mengedukasi anak-anak tentang sampah dan memberikan materi pelajaran secara gratis terhadap mata pelajaran yang diajarkan disekolah, harapannya semoga kedepannya kegiatan sosial seperti ini bisa terus dilaksanakan," tandasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com