SFT #2, Jadi Wadah Tingkatkan Potensi Bahari dan Kesadaran Konsumsi Ikan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/6/23

SFT #2, Jadi Wadah Tingkatkan Potensi Bahari dan Kesadaran Konsumsi Ikan



Buleleng, dewatanews.com - Melihat potensi Kabupaten Buleleng yang merupakan kabupaten memiliki pantai terpanjang di Bali dengan kekayaan biota laut yang luar biasa. Melihat hal itu, Pemkab Buleleng melaksanakan untuk kedua kalinya Seririt Fishing Tournament #2 yang dibuka langsung dan melepas angler secara simbolis dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng I Gede Putra Aryana mewakili Pj. Bupati Buleleng bertempat di Pantai Seririt, Sabtu, (6/5).

Tournament kali ini mengambil tema "Melalui Seririt Fishing Tournament #2 Kita Turunkan Angka Stunting Melalui Gemar Makan Ikan Sejak Dini" yang bertujuan untuk memajukan wisata bahari di Kabupaten Buleleng disamping mengenalkan dan mengajak masyarakat untuk lebih menjadikan ikan untuk konsumsi keseharian dalam upaya mendukung program prioritas pemerintah untuk mengentaskan angka stunting.

Adapun jumlah para angler yang mengikuti tournament ini berjumlah 84 peserta dengan melibatkan 30 jukung yang membawa peserta dari berbagai daerah di Bali, para angler juga diberikan batasan untuk spot memancing yaitu dari sisi barat di Pantai Pengastulan dan batasan paling timur di Pantai Kalianget.

Ditempat yang sama, juga diadakan kegiatan gemar makan ikan yang melibatkan sebanyak 120 orang anak-anak tingkat SD di wilayah seririt yang ikut menikmati olahan ikan.

Ditemui usai kegiatan, atas seijin Kadis DKPP Buleleng, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Perikanan Abdul Manaf menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk mendukung program presiden yang rencananya menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dengan dilaksanakannya tournament ini harapanya dapat lebih meningkatkan lagi jiwa bahari di masyarakat kita.

Selain itu, pihaknya menambahkan jika kegiatan ini juga membangkitkan potensi wisata dan sektor perikanan kelautan khususnya di wilayah pesisir pantai di Kabupaten Buleleng yang memiliki kondisi pantai terpanjang di Bali.

"Kita harus bersinergi dengan seluruh stakeholder serta memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berprinsip pada keadilan, kemakmuran, serta berkelanjutan," jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga menerangkan jika program Gemar Makan Ikan yang juga dilaksanakan hari ini juga untuk mendukung penurunan angka stunting pada anak-anak yang menjadi program nasional yang harus segera di entaskan. Ditambah lagi juga ikan banyak memiliki sumber protein dan omega 3 yang bagus untuk anak-anak pada masa pertumbuhan.

Diakhir, pihaknya berharap kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan tidak hanya di Seririt saja melainkan mereplikasi pada wilayah lain di Kabupaten Buleleng.

"Pengembangan wisata bahari di Buleleng memang sudah di kembangkan dan masih perlu ditingkatkan kembali sehingga menjadi motor penggerak ekonomi di Kabupaten Buleleng," tutupnya.

Untuk diketahui, total hadiah yang dibagikan pada tournament kali ini yaitu 10 juta rupiah dan hadiah hiburan. Dari hasil tangkapan para angler, untuk Juara 1 diraih oleh dr. Nyoman Sutjidra, Sp. OG dengan berat tangkapan dengan berat 2,44 kg memperoleh hadiah uang tunai 5 Juta Rupiah, kemudian Juara 2 diraih oleh Muhammad Zaini dengan berat tangkapan 2,30 kg memperoleh uang tunai 3 Juta Rupiah, terakhir Juara 3 diraih oleh Susanto dengan berat tangkapan 2,02 kg berhak memperoleh uang tunai 2 Juta Rupiah.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com