Pokja WBP Rutan Kelas IIB Negara Diminati Masyarakat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/4/23

Pokja WBP Rutan Kelas IIB Negara Diminati Masyarakat



Jembrana, dewatanews.com - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Negara (Rutan Negara) memberikan pembinaan baik kepribadian maupun kemandirian bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Hal ini sesuai dengan amanat 10 prinsip pemasyarakatan yaitu, ayomi dan berikan bekal hidup agar mereka dapat menjalankan peranannya sebagai warga masyarakat yang baik dan berguna.

Segala jenis ragam pembinaan kemandirian mulai dari peternakan, perkebunan, perikanan, batako, meubel air dan las terkumpul dalam satu tempat yang mengambil lokasi di Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Rutan Negara.

Putu Sudiasnawa selaku Pembina Pengelola Kemandirian mengatakan, salah satu ragam pembinaan yang banyak diminati ialah Ayam petelur pada bidang peternakan. Sebanyak 500 ekor ayam petelur dengan menggunakan metode peternakan modern berhasil menghasilkan 13-15 kerat telur ayam, atau sekitar 400 hingga 450 butir telur setiap harinya. Seluruh telur yang dikumpulkan setiap harinya langsung habis terjual di hari yang sama sehingga telur yang dipasarkan itu merupakan produk fresh atau baru sehingga dijamin kesehatannya.

"Untuk perawatan ayamnya tidak terlalu susah, pemberian pakan cuman dua kali sehari. Kalau pakan untuk 500 ekor ayam itu habis 50 kg/hari, begitu juga kalau ada ayam yang sakit segera dipisahkan supaya tidak menular," ungkapnya.

Kelompok Kerja (Pokja) lainnya dibidang peternakan yang juga sangat diminati masyarakat ialah Pokja Babi. Selain di bidang peternakan Pokja Batako juga laris pelanggan, batako banyak diminati masyarakat karena harganya berani bersaing dengan kualitas yang baik.


Sebagian besar kegiatan pembinaan kemandirian di Rutan Negara merupakan kerja sama dengan pihak ketiga, salah satunya adalah bantuan kambing oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana.

Kepala Rutan Kelas IIB Negara Lilik Subagiyono mengatakan, beberapa produk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memang masih menjadi incaran di masyarakat karena harga murah serta kualitas terjamin.

"Kami berusaha mendorong seluruh bakat yang dimiliki WBP untuk dapat dikembangkan selama menjalani masa pidana, kami berusaha memfasilitasi melalui sarana Asimilasi dan Edukasi agar para WBP memilik keterampilan selama berada di Rutan," ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, kami juga gencar bekerja sama dengan pihak ketiga dalam pembinaan kemandirian dan kepribadian bagi WBP. 

"Kami harapkan segala ragam pembinaan kemandirian yang telah kami sediakan agar ilmunya diambil sebanyak-banyaknya bagi seluruh WBP di Rutan Negara," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com