Pj. Bupati Buleleng Dorong Perisai Diri Masuk di Seluruh Jenjang Satuan Pendidikan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/18/23

Pj. Bupati Buleleng Dorong Perisai Diri Masuk di Seluruh Jenjang Satuan Pendidikan



Buleleng, dewatanews.com - Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mendorong silat Perisai Diri (PD) agar bisa masuk sebagai ekstrakurikuler di seluruh jenjang satuan pendidikan.

“Ini diperlukan untuk keberlanjutan pembinaan,” ujarnya saat ditemui usai membuka secara resmi Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Perisai Diri Bupati Cup I tahun 2023 di GOR Buana Patra Singaraja, Kamis (18/5).

Lihadnyana menjelaskan pembinaan yang berkelanjutan akan membentuk atlet PD yang tangguh. Oleh karena itu, keberadaan PD sebagai ekstrakurikuler di sekolah harus didorong terus dan harus ada di setiap jenjang satuan pendidikan. Hal ini pula yang akan menghasilkan atlet yang bisa mengharumkan nama Buleleng, Bali maupun Indonesia. 

“Kita terus dorong. Nanti akan dibuat aturan agar ada ekstrakurikuler PD di setiap sekolah. Utamanya di SMA. Biasanya dari SD dan SMP sudah berlatih namun saat SMA putus,” jelasnya.

Dengan adanya ekstrakurikuler PD di sekolah, tentunya akan banyak ada atlet yang mengikuti Kejurkab. Ke depan, Kejurkab PD Bupati Cup ini akan digelar rutin sebagai ajang tahunan. Sebelum itu, akan disiapkan norma aturan untuk menjadikan Bupati Cup ini sebagai kegiatan rutin tahunan. Selain itu, kejuaraan yang rutin setiap tahunnya bisa menjaring bibit-bibit atlet silat asal Buleleng yang berprestasi di masa depan. 

“Saya mengajak PD untuk meningkatkan prestasi dan menjaring bibit-bibit atlet potensial dari Kejurkab ini. Porprov mendatang, PD harus raih emas dari yang sebelumnya hanya meraih perunggu,” ucap Lihadnyana.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua Bidang Teknik PD Cabang Buleleng Made Suartawan menyebutkan Kejurkab kali ini diikuti oleh 395 orang peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA. Jumlah tersebut berasal dari 41 kontingen se-Kabupaten Buleleng yang terdiri dari unit dan ranting yang tersebar. Peserta dari tingkat SD sejumlah 179 orang, SMP 137 orang, dan SMA 79 orang. 

“Seluruh peserta akan bertanding di 60 nomor yang dipertandingkan dari tanggal 18 hingga 21 Mei 2023,” sebutnya.

Dirinya menambahkan untuk tingkat dasar, anggota PD memang paling banyak. Setelah itu, jumlah anggota menurun. Namun, ke depan, ini akan menjadi perhatian khusus. Tidak hanya mengenai kuantitas, tapi juga kualitas. 

“Dorongan raihan emas di Porprov juga mudah-mudahan bisa kita penuhi. Tentunya dengan dukungan penuh dari Pemkab Buleleng seperti ini, kita akan memperbanyak kejuaraan ataupun latih tanding,” tutup Suartawan. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com