Kerap Terjadi Hal Aneh, SDN 1 Buahan Gelar Upacara Khusus di Sekolah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/20/23

Kerap Terjadi Hal Aneh, SDN 1 Buahan Gelar Upacara Khusus di Sekolah


Gianyar, dewatanews.com - Beberapa tahun terakhir di SDN 1 Buahan, di Banjar Majangan, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, sering terjadi kejadian aneh, yang tak bisa direrima akal. 

Dilaksanakan Upacara Rsi Gana, Nyakap Karang, Mlaspas,Mendem Padagingan lan Piodalan di sekolah SDN 1 Buahan. Yakni, adanya lahan bekas jalan setra Desa Adat Tengipis, sejak 1982  masuk jadi lahan sekolah, adanya bangunan palinggih Padmasana, Tugu Karang dan Palinggih Indra Blaka yang secara fisik sudah selesai lima tahun lalu, namun belum dilakukan upacara mlaspas dan mendem pedagingan. 

Sering terjadi kejadian aneh di sekolah, yang bisa menganggu kenyamanan proses belajar dan mengajar ini juga menjadi latar belakang Desa Adat Pengempon  SDN 1 Buahan (Desa Adat Majangan, Tengipis, Sriteja, Bada dan Desa dat Gambih) mengelar Upacara Rsi Gana, Nyakap Karang, Mlaspas Mendem Padangingingan lan Piodalan di sekolah tersebut.

Bandesa Adat Pengempon SDN 1 Buahan, sebagai pengempon khawatir peristiwa tersebut bisa menganggu proses belajar dan mengajar siswa. Inipun disepakati untuk berupaya mapunia agar upacara bisa segera digelar upacara tersebut. 

Upacara yang dilaksanakan adalah, Rsi Gana, Mlaspas, Mendem Pedagingan  dan Piodalan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari suci Saraswati.

Upacara dipuput Ida Pandita Empu dari Geria Uma Anyar, Giri Kusuma, Payangan dan dihadiri Kabid Sapras, Disdik Gianyar I Wayan Sila, Camat Payangan I Wayan Widana, Perbekel Buahan  I Wayan Sudasa, Perbekel Buahan Kaja I Wayan Wirtama. (DN - Sty)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com