Kawal Tahapan Pemilu, Bawaslu Gianyar Minta Media Ikut Terlibat - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/19/23

Kawal Tahapan Pemilu, Bawaslu Gianyar Minta Media Ikut Terlibat



Gianyar, dewatanews.com Berbagai upaya dilakukan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Gianyar untuk ijut memberikan pengawasan terkait tahapan Pemilu. 

Seperti hari ini, Kamis (19/05) Media di Gianyar diajak untuk ikut dalam Rapat Koordinasi Pengelolaan Kehumasan, Peliputan, dan Dokumentasi Serta Informasi Publik di element By Westin Bali Ubud, Gianyar. 

Ketua Bawaslu Gianyar I Wayan Hartawan, media memiliki peran sangat penting dalam menyampaikan informasi, ke masyarakat, telebih dalam tahapan-tahapan Pemilu. "Ketika masyarakat sedang haus akan informasi, media tepat sebagai penyambung informasi ke masyarakat," ungkapnya. 

Walau Bawaslu Gianyar juga memiliki jajaran pengawas di tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan, namun kedia menkadi sangat penting dan tepat untuk mempercepat informasi publik. 

Tercatat ada 3 komisioner di 7 kecamatan dan 70 pengawas kelurahan dan desa yang juga diharaokan bisa langsung memberikan informasi hingga tingkat banjar. 

Kerja ini mulai tahapan pemutahiran data pemilih dan pencalegan saat ini, Hartawan mengatakan fokus pengawasan pada administrasi kependudukan. "Mulai permasalahan pemilih yang ber KTP ganda, pemilih yang sudah meningga dunia namun masih tercatat, serta permasalahan administrasi kependudukan lainnya, ini menkadi tugas Bawaslu," tambahnya. 

Tidak hanya itu permaslaahan lain seperti menelusuri keabsahan syarat Bacaleg juga menjadi tugas lain Bawaslu. "Ya kini kan ada indikasi dokumen mantan narapidana yang Nyaleg, 2 bacaleg yang kita atensi khusus", jelasnya.

Rakor yang juga melibatkan Ketua PWI Bali IGMB Dwikora menyampaikan terkait Pers Bebas Demokrasi Berkualitas'. walau bukan sebagai penyelenggara pemilu. (DN - Sty)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com