Siapkan Tenaga Terampil dan Kompeten, Disnaker ESDM Bali Gelar Pelatihan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/6/23

Siapkan Tenaga Terampil dan Kompeten, Disnaker ESDM Bali Gelar Pelatihan



Klungkung, dewatanews.com - Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali menggelar Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) kejuruan menjahit pakaian mesin. Acara yang dilaksanakan secara serentak di 4 kabupaten di Bali yaitu Kabupaten Klungkung, Karangasem, Buleleng dan Jembrana ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan dari Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Klungkung di Desa Kamasan, Klungkung, Senin (6/3).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di 4 kabupaten ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan kompeten serta memiliki bekal untuk memasuki dunia kerja ataupun membuka usaha/wirausaha secara mandiri.

Lebih jauh Ida Bagus Setiawan juga menyampaikan bahwasannya pelatihan MTU kejuruan menjahit pakaian dengan mesin akan dilengkapi dengan pemberian toolkit/ alat kerja yang diserahkan kepada masyarakat peserta pelatihan sebagai modal kerja untuk berwirausaha sesuai dengan kebutuhan alat kejuruan menjahit pakaian mesin, sehingga nantinya diharapkan setelah mengikuti pelatihan peserta bisa langsung membuka usaha. 

“Alat yang diberikan adalah modal awal, untuk itu agar dirawat dengan baik, Saya harap Ibu Ibu bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga nantinya akan terampil dan bisa mandiri membuka wirausaha sendiri. Semakin banyak warga kita yang bisa mandiri maka akan bisa mengurangi tingkat pengangguran,” imbuhnya.
 
Pelatihan MTU kejuruan menjahit pakaian dengan mesin dilaksanakan selama 33 hari dari tanggal 6 Maret hingga 17 April 2023, diikuti oleh 16 peserta dari masing-masing desa yaitu di Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung; Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem; Desa Kalianget, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng; dan Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. 

Turut hadir pada acara pembukaan pada pagi hari ini Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung Ketut Citrawati, Kelompok Ahli Pembangunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja Tjokorda Bagus Oka, Camat Klungkung I Putu Arnawa serta para peserta pelatihan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com