Empat Hari Ops Keselamatan Agung, Polda Bali Temukan 1.057 Pelanggar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/11/23

Empat Hari Ops Keselamatan Agung, Polda Bali Temukan 1.057 Pelanggar



Denpasar, dewatanews.com - Saat ini Polda Bali tengah gencar melaksanakan kegiatan Operasi Keselamatan Agung 2023. Hingga hari keempat, Polda Bali dan jajarannya menemukan 1.057 pelanggar. Tak hanya diberi teguran, Polda Bali juga melaksanakan penegakan hukum dengan memberikan tilang elektronik bagi pelanggar yang terekam kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si. mengatakan, ribuan pelanggar ini berdasarkan data yang ada di Posko Ops Keselamatan Agung 2023. 

“Dari 1.057 pelanggar, sebanyak 1.034 diberikan teguran. Sisanya, lagi 23 diberikan tilang elektronik karena terekam kamera ETLE statis, bukan kamera ETLE yang mobile,” terangnya, Sabtu (11/2) pagi.

Jika dibandingkan dengan data tahun 2022, jumlah pelanggaran pada hari keempat Ops Keselamatan Agung mengalami kenaikan sebesar 138%. Sedangkan, untuk jumlah lakalantas mengalami kenaikan sebesar 71%. 

“Tahun lalu, Polda Bali mencatat ada 445 pelanggar, sekarang ada 1.057 pelanggar. Jumlah lakalantas tahun 2022 sebanyak 7, sedangkan 2023 terjadi 12 kejadian. Data ini dihimpun sampai hari keempat Ops Keselamatan berlangsung,” jelasnya. 

Perwira lulusan Akpol tahun 1992 ini mengaku prihatin dengan tingginya angka pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Bali. Naiknya jumlah pelanggaran yang sangat signifikan menunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Bali untuk tertib berlalulintas masih sangat rendah. “Kita akan terus evaluasi, untuk mencari upaya yang lebih efektif untuk menurunkan angka pelanggaran ini,” ujarnya.

Menurut Kabid Humas, pelanggaran lalu lintas harus ditangani dengan cara yang tepat. Jika tidak ditangani dengan serius, maka angka lakalantas juga akan tinggi. “Jangan sampai, banyak nyawa yang hilang sia-sia karena ketidakpatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas,” jelasnya.

Kombes Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si. mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa tertib saat berkendara. “Mari biasakan diri mentaati aturan lalu lintas, untuk keselamatan bersama. Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan jadikan keselamatan lalu lintas yang utama dan pertama,” tegasnya.

Untuk diketahui, Polda Bali sudah menggelar Operasi Keselamatan Agung mulai dari tanggal 7-20 Pebruari 2023 dengan mengedepankan tindakan preemtif, preventif, edukatif dan persuasif secara humanis serta pola penegakkan hukum secara eletronik (ETLE) baik secara statis maupun mobile.

Sasaran dari Operasi Keselamatan Agung 2023 adalah segala jenis pelanggaran yang kasat mata meliputi pengendara yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel maupun aktifitas yang dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara, pengemudi melawan arus, berkendara melebihi batas kecepatan serta potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan. (DN - Bin)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com