Desa Batuagung Gelar Lomba Geguritan Bali pada Bulan Bahasa Bali ke V Tahun 2023 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/25/23

Desa Batuagung Gelar Lomba Geguritan Bali pada Bulan Bahasa Bali ke V Tahun 2023



Jembrana, dewatanews.com - Pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ke V tahun 2023 mengambil tema Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani. Pemerintah Desa Batuagung menggelar lomba geguritan Bali tingkat dewasa antar banjar dinas dan adat se-Desa Batuagung. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (25/2) bertempat di Gedung Kesenian Taman Kertha Budaya Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Para peserta yang mewakili banjar dinas dan adat masing-masing sangat antusias dan bersemangat mengikuti perlombaan dengan menampilkan alunan suara merdu dalam metembang geguritan Bali. Para penilai atau juri dalam lomba geguritan Bali pada pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ke V tahun 2023 yang di gelar oleh Pemerintah Desa Batuagung ialah dari Penyuluh Bahasa Bali Jembrana.

Perbekel Desa Batuagung I Nyoman Sudarma saat kegiatan lomba geguritan Bali antar banjar se-Desa Batuagung berlangsung mengatakan, setiap tahunnya pemerintah Desa Batuagung selalu melaksanakan kegiatan pada pelaksanaan Bulan Bahasa Bali. Untuk pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun ini kami pemerintah Desa Batuagung menggelar lomba geguritan Bali tingkat dewasa antar banjar dinas dan adat se-Desa Batuagung.

"Pada pelaksanaan Bulan Bahasa Bali kali ini, dari 9 banjar dinas dan adat yang ada di Desa Batuagung yang ikut lomba geguritan Bali yaitu 8 banjar dinas dan adat sedangkan 1 banjar dinas dan adat tidak mengikuti lomba tersebut,"terangnya.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan Bulan Bahasa Bali selanjutnya,diharapkan pelaksanaannya lebih baik lagi. 

"Kita siapkan nanti perlombaan dharma gita seperti nyurat aksara Bali, baca aksara Bali. Kalau bisa peserta lombanya kategori tingkat remaja, guna kedepannya bisa meregenerasi serta menjaga ajegnya seni dan budaya Bali,"imbuhnya.

Sementara salah satu peserta I Wayan Werken yang mewakili banjar dinas dan adat Tegalasih saat diwawancarai menyampaikan, pada pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ke V tahun 2023 lomba geguritan Bali yang digelar saat ini sangatlah baik dilaksanakan.

"Saya mengapresiasi pemerintah Desa Batuagung bisa menggelar lomba geguritan Bali. Saya berharap generasi muda di Desa Batuagung kedepannya bisa ikut mewakili banjarnya, Baik dalam lomba nyurat aksara Bali, baca aksara Bali maupun metembang geguritan Bali. Kegiatan seperti ini ialah untuk menjaga seni, budaya dan tradisi Bali,"tegasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com