Manfaatkan Produk Lokal, Adi Mariana Bangga Atas Kepemimpinan Gubernur Koster - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/19/23

Manfaatkan Produk Lokal, Adi Mariana Bangga Atas Kepemimpinan Gubernur Koster


Denpasar, Dewatanews.com -
 Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali terus mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, karena dampaknya mulai dirasakan oleh petani, perajin, sampai ke dunia pariwisata.

Hal ini berkat kerja fokus, tulus, dan lurus Gubernur Bali, Wayan Koster dalam menggeber : 1) Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali; 2) Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi Dan/atau Destilasi Khas Bali; 3) Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali; 4) Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pemanfaatan Produk Garam Tradisional Lokal Bali; dan aksi nyata dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster dengan menggelar Pameran IKM Bali Bangkit.

Kerja kolektif yang dipimpin Gubernur Bali, Wayan Koster berdasarkan semangat Trisakti Bung Karno yakni Berdaulat secara Politik, Berdikari secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan, kini produk lokal Bali yang bersumber dari alam dan warisan budaya Bali kian mendapatkan tempat yang bermartabat di pasar lokal, nasional, sampai pasar internasional.

Terbukti, kepemimpinan Gubernur Bali, Wayan Koster menjadi inspirari Marriott Internasional Indonesia dalam memanfaatkan produk lokal Bali. Karena Gubernur Wayan Koster dalam arahannya kepada pelaku pariwisata di Bali meminta dengan tegas sejahterakan petani dan perajin di Bali, yang sejalan dengan pesan Lontar Bhisama Batur Kelawasan yang memberikan tutunan tentang hidup harus saling menghidupi, urip harus saling menguripi, kita harus dekat dengan alam, tidak boleh merusak alam, alam itu ibarat orang tua, harus dijaga dan dipelihara, karena alam menjadi sumber penghidupan.

Dalam keterangan persnya, Kamis (19/1), Ketut Adi Mariana dari Taksu Design juga mengungkapkan bahwa banyak manfaat yang bisa dirasakan atas kebijakan produk lokal Bali yang diperjuangkan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster. “Produk lokal Bali yang terus dipromosikan oleh Bapak Gubernur dan Ibu Ketua Dekranasda Bali sangat membantu kita di IKM. Bahkan pemutaran ekonomi Bali juga kian kami rasakan, karena permintaan pesanan terhadap produk lokal seperti Tenun Endek Bali sampai saat ini terus meningkat, sehingga secara otomatis para pelaku IKM membuka lapangan pekerjaan dan ini memberikan dampak kesejahteraan terhadap masyarakat,” kata Ketut Mariana.

Ia mengatakan, di IKM sangat bersyukur dan bangga atas hadirnya pemimpin Era Baru sekelas Wayan Koster. Banyak kebijakan yang berdampak positif bisa kami rasakan, seperti mendapatkan fasilitas pameran gratis yang diadakan di berbagai acara dan kegiatan yang mengarah ke kemajuan kualitas produk. Begitu pula saat pandemi Covid-19, kita tidak pernah menyangka adanya fasilitas Pameran Bali Bangkit yang diadakan oleh Dekranasda Bali, sehingga hal ini benar-benar sangat membantu secara ekonomi dan produk kita semakin dikenal banyak orang.

“Atas kebijakan dari Bapak Gubernur Wayan Koster dan bimbingan serta binaan dari Ibu Putri Koster kami ucapkan banyak terimakasih, karena produk lokal yang kita produksi semakin mengeliat dan produk busana Adat Bali maupun Endek Bali juga kian diminati sebagai pakian resmi perkantoran,” jelasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com