Kunjungi Rumah Mode Christian Dior, Gubernur Koster Pastikan MoU dengan Pemprov Bali Berjalan Sesuai Rencana - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/11/22

Kunjungi Rumah Mode Christian Dior, Gubernur Koster Pastikan MoU dengan Pemprov Bali Berjalan Sesuai Rencana



Paris, dewatanews.com - Gubernur Bali, Wayan Koster disela waktu mengikuti rangkaian kegiatan Groundwater Summit 2022 di Paris, Francis berkesempatan mengunjungi galeri rumah mode terkenal Christian Dior. Dalam pertemuan yang difasilitasi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Prancis, Andorra, Monako, serta Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO, Mohamad Oemar pada Senin (5/12) ini turut mendampingi Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster dan Ketua Harian Dekranasda Provinsi Bali, Wayan Jarta. 

Gubernur Koster dan rombongan diterima di galery Christian Dior di Paris, Francis yang berlokasi di 30 Avenue Montaigne, Paris pada Senin (5/12) kemarin. Rombongan diterima oleh 4 orang pejabat / manajemen di Rumah Mode Christian Dior yaitu : Emmanuelle Favre (SVP Human Resources, EXCOM Member), Marie Champey (General Counsel), Anne-Valérie Narcy (Women Business Unit Director), dan Isabelle Faggianelli (VP Corporate Social Responsibility).

Pada pertemuan tersebut, Gubernur yang juga Ketua DPD PDIP Perjuangan Bali, mengundang Dior ke Bali serta mempertegas kembali kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dalam melaksanakan kerjasama dengan salah satu brand rumah mode terkenal asal Paris, Prancis tersebut.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya telah dilakukan pembahasan dan penjajakan antara Pemprov Bali dengan Rumah Mode Christian Dior perihal penggunaan kain tenun Endek Bali untuk koleksi busana musim semi dan musim panas tahun 2021. Akhirnya, penandatanganan nota kesepakatan MoU antara Pemerintah Provinsi Bali dan Rumah Mode Christian Dior bisa terlaksana. Penandatanganan dilakukan secara virtual pada Kamis, 11 Pebruari 2021 pukul 21.30 WITA atau 14.30 waktu bagian Paris.

Gubernur Bali, Wayan Koster pada saat tersebut berkesempatan menandatangani perjanjian tersebut dengan Marie Champey, Senior Vice President General Counsel Christian Dior. Melalui penandatanganan ini, Gubernur Koster menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dipilihnya salah satu warisan budaya Bali oleh rumah mode kelas dunia itu. Namun karena situasi pandemi Covid19 melanda dunia, baru kali ini bisa dilaksanakan pembahasan kelanjutannya.

Pada saat penandatanganan MoU, Gubernur yang terkenal dengan jargon bekerja fokus, tulus, lurus tersebut mengungkapkan, bahwa setelah melalui perjuangan yang panjang, kini pihaknya juga telah berhasil memperoleh Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional dari Kementerian Hukum dan HAM RI untuk kain tenun Endek Bali. Bahkan, demi memantapkan usaha pelestarian akan kekayaan warisan leluhur tersebut, pada hari yang sama siang harinya, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali / Kain Tenun Tradisional Bali. Menurut Gubernur Koster, selain melestarikan kekayaan intelektual masyarakat Bali yang adiluhung, dengan dikeluarkannya SE tersebut juga bertujuan membantu para pengerajin IKM/UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Gubernur yang juga merupakan mantan anggota DPR RI tiga periode ini, secara khusus berpesan untuk Christian Dior, berharap agar menggunakan kain tenun Endek ini sebaik-baiknya, dijaga agar taksu Endek bisa dirasakan oleh masyarakat dunia. Dengan langkah kerjasama ini, ia juga berharap Endek makin dikenal dunia sehingga bisa berdampak bagi kesejahteraan pengerajin dan masyarakat Bali.

Vice President Corporate Social Responsibility rumah mode Dior, Isabelle Faggianelli, dan manajemen Dior lainnya menyambut baik kehadiran Gubernur Bali Wayan Koster beserta Ny. Putri Koster di galerinya serta memuji langkah-langkah proaktif dan cepat dalam menindaklanjuti MoU antara Dior dengan Pemprov Bali tersebut, khususnya terkait penggunaan kain tenun Endek Bali untuk koleksi busana musim semi dan musim panas tahun 2021.

Tidak berhenti hanya sampai disana, manajemen Rumah Mode Christian Dior menegaskan kembali komitmen menjalin kerjasama dengan Pemprov Bali. Kedepannya, Dior akan mengundang perajin Bali berkunjung ke Paris serta mengadakan fashion show di Galeri Dior. Lebih jauh, Dior menjelaskan siap menerima delegasi desainer yang telah dipilih oleh Dekranasda Provinsi Bali untuk menunjukkan proses kreatifnya di Dior. Diharapkan kedepannya dapat terus berlangsung dan terjadwal dengan baik.

Dior, menurut Isabelle Faggianelli, telah memiliki kerjasama global skill semisal dengan UNESCO dan para akademisi. Salah satunya melalui program bantuan terhadap 1000 orang desainer muda. Dalam hal mana, Dior akan memandu dan membimbing para desainer muda selama 2 tahun sehingga mereka bisa mengembangkan bisnisnya.

Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Koster pada kesempatan tersebut menjelaskan upaya-upaya yang telah diambil dalam mengembangkan IKM di Bali, salah satunya dengan memberi kesempatan kepada para desainer muda yang terpilih untuk berkunjung ke rumah mode Dior serta melaksanakan fashion show di Paris, Francis. 

Menurut seniman multi talenta ini, tiap desainer akan menampilkan 11 karya ready-to-wear (siap dipakai) dengan gaya yang unik dan harmoni dengan alam. Adapun 4 desainer Bali tersebut adalah Wastara, Taksu Design, Lusi Damai, dan Body & Mind. Mereka akan menampilkan karya mereka di Salon des Miroirs pada tanggal 10 Desember mendatang serta melakukan fotoshoot di beberapa tempat terkenal di Paris sebagai upaya memperkenalkan kekayaan budaya Bali, khususnya terkait pemanfaatan kain tradisional Endek Bali.

Duta Besar RI, Muhamad Oemar menegaskan pihak kedutaan besar RI di Francis siap memfasilitasi kedepannya sehingga MoU antara Pemprov Bali dan Dior bisa berlangsung dengan baik sesuai yang direncanakan. Oemar berharap pertemuan selanjutnya bisa dilaksanakan lagi sehingga tahapan-tahapan yang diatur dalam kerjasama bisa terlaksana dengan baik.

Pertemuan diakhiri dengan tukar menukar cendera mata. Tampak Gubernur Bali, Wayan Koster menyerahkan kain tenun tradisional Bali kepada manajemen Dior dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama antara manajemen Dior dengan rombongan Gubernur Bali beserta para desainer muda yang diajak ke Paris. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com