Pemdes Tembok Siap Kembangkan Infrastruktur Sekolah Internet Komunitas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/22/22

Pemdes Tembok Siap Kembangkan Infrastruktur Sekolah Internet Komunitas



Buleleng, dewatanews.com - Kondisi topografi wilayah Desa Tembok yang berbukit-bukit memang tampak indah dalam visual atau pemandangan alam. Namun demikian, topografi berbukit itu menjadikan sebuah kendala besar dalam hal menyangkut akses jaringan internet. 

Mengatasi permasalah itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Tembok dibawah kepemimpinan Dewa Komang Yudi Astara menjalin kerjasama dengan Common Room untuk membentuk sekolah internet komunitas di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula. Hal tersebut terungkap dalam acara Pembukaan Rural ICT Camp 2020 di Hotel Poinciana Resort-Tejakula, Jumat, (21/10).

Perbekel Dewa Yudi menerangkan upayanya dalam melakukan berbagai formasi perbaikan infrastruktur di Desa Tembok menjadi program skala prioritas pemerintah desa. Salah satunya adalah dengan membangun infrastruktur internet. 

“Awal tahun 2022 tepatnya bulan Maret lalu kami melakukan MoU dengan pihak Common Room untuk membentuk sekolah internet komunitas. Nah kerjasama inilah yang menjadi dasar untuk perbaikan infrastruktur internet di desa kami,” ujarnya.

Ditambahkan, pembangunan infrastruktur internet berbasis komunitas itu menjadi media untuk memberikan pelatihan kepada sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola dan mengembangkan jaringan internet. Sebagai langkah awal, pihaknya melakukan kerjasama dengan SMK N 1 Tejakula untuk mendukung pembangunan SDM dan ekonomi perdesaan melalui kolaborasi antara Pemdes Tembok dengan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Kepala SMK N 1 Tejakula, Nyoman Sudimahayasa dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa kerjasama yang dijalin dengan Pemdes Tembok sudah berlangsung lama, hanya saja belum melalui Mou. 

“Kami mempunyai jurusan teknologi komunikasi jaringan, jadi sangat nyambung. Anak-anak kami magang di Tembok sudah berlangsung lama cuma belum disahkan. Nah karena itulah kami bertemu dan membuat suatu ikatan yang resmi,” terang Nyoman Sudi.

Pihaknya berharap hubungan kerjasama yang baik dalam membangun dan mengembangkan SDM serta perekonomian desa melalui pemanfaatan digitalisasi dapat berjalan sesuai dengan program-program yang telah disusun. 

Dalam pembukaan Rural ICT Camp, Direktur Common Room, Gustaff H. Iskandar mengucapkan terima kasih atas semangat membara kolaborasi seluruh pihak terkait sehingga kegiatan ICT Camp dapat terselenggara dengan lancar. 

Gustaff meyakini berbagai macam permasalahan yang ada dapat diselesaikan secara bersama-sama melalui kerja kolaborasi. 

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungannya. Kita menyaksikan secara langsung bagaiman kesenjangana digital itu ada di depan mata, dan untuk mengatasi itu tidak mudah. Kita harus mengetuk hati semua orang untuk mendukung dan terlibat langsung,” pungkasnya. (Agst).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com