Lihadnyana Dukung Undiksha Selenggarakan Lomba Inovasi Berskala Internasional - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/25/22

Lihadnyana Dukung Undiksha Selenggarakan Lomba Inovasi Berskala Internasional



Buleleng, dewatanews.com - Penjabat (PJ) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mendukung Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja dalam penyelenggaraan International Science and Invention Fair (ISIF) 2022. Ia berharap, kegiatan ini bisa membuat nama Kabupaten Buleleng semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima audiensi dari panitia pelaksana ISIF 2020, di Ruang Kerja Kantor Bupati Buleleng, Selasa (25/10).

Kegiatan berskala besar seperti ISIF yang akan diselenggarakan Undiksha, tentu akan mendatangkan banyak orang ke Kabupaten Buleleng. Sehingga, tidak hanya hotel-hotel yang terisi, diikuti pula oleh konsumsi produk-produk lokal lainnya. Namun, yang paling utama adalah nama Kabupaten Buleleng akan semakin dikenal dengan adanya kegiatan besar seperti ISIF yang diselenggarakan di Buleleng.

"Saya ucapkan terima kasih banyak. Saya harapkan kegiatannya sukses diselenggarakan. Saya harap dengan perlombaan berskala internasional ini, tidak hanya Bali yang dikenal. Tetapi Kabupaten Buleleng secara khusus bisa lebih dikenal, nasional maupun mendunia," ujar Lihadnyana.

Wakil Rektor (Warek) III Undiksha Singaraja, I Wayan Suastra memaparkan bahwa ISIF adalah kompetisi berlevel internasional yang dibalut dengan pameran. Para peserta akan melakukan presentasi di stan masing-masing. Undiksha akan menyiapkan 120 untuk pameran peserta ISIF. Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan kompetisi untuk guru, International research teacher competition dan National Research teacher competition.

"Itu terbuka untuk umum juga, anak sekolah bisa datang. Perlombaannya dilakukan dengan 7 kategori, mulai dari mathematics sampai social science," papar Suastra.

ISIF merupakan kompetisi yang diselenggarakan Undiksha bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA). ISIF akan dihelat pada 1 sampai dengan 4 november. Kemudian, akan dilanjutkan dengan touring pada tanggal 5 November. ISIF akan diikuti oleh anak-anak SMP hingga Perguruan Tinggi.

"Ada 607 tim yang akan mengikuti ISIF secara daring dan luring. Dari jumlah tersebut ada 112 tim yang akan datang secara luring dengan berisikan 3-5 orang. Peserta berasal dari total 32 negara yang mendaftar," ujar Suastra.

Lebih lanjut saat ditemui usai audiensi, Suastra menyatakan bahwa ISIF menerima apresiasi dan dukungan dari PJ Bupati. Dirinya juga menyatakan bahwa kerjasama terkait penelitian maupun pengabdian sosial sudah berjalan baik antara Undiksha dan pemerintah daerah. Kegiatan ISIF yang segera berjalan juga diyakini akan memberi dampak berganda terhadap Buleleng, utamanya Kota Singaraja.

"Peserta ada yang datang dari tanggal 29 hingga tanggal 6 baru keluar karena 5 masih touring. Tentu ini lumayan memberikan dampak terhadap Buleleng," ungkap Suastra.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com