Lanal Denpasar Laksanakan Upacara Peringatan Puncak HUT TNI AL ke-77 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/13/22

Lanal Denpasar Laksanakan Upacara Peringatan Puncak HUT TNI AL ke-77


Denpasar, dewatanews.com - Peringatan puncak HUT TNI AL ke 77 tahun 2022 ditandai dengan digelarnya Upacara secara militer. Mewakili Komandan Lanal Denpasar, Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Hardono, S.E., M.Tr., Hanla menjadi Irup dan memimpin secara langsung jalannya Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut Ke-77 Tahun 2022 bertempat dilapangan apel Markas Komando (Mako) Lanal Denpasar, Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Senin (12/9/2022).

Peringatan HUT TNI AL Ke-77 Tahun 2022 kali ini mengangkat tema " TNI AL Yang Profesional, Modern dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Laut (S) Feri Afnan yang menjabat sebagai Ka Akun Lanal Denpasar, serta diikuti Perwira, 1 (satu) SST Bintara, 1 (satu) SST Tamtama, dan 1 (satu) SST Pegawai Negeri Sipil Lanal Denpasar.

Turut hadir mengikuti kegiatan upacara Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Shanti Dewa Rake, Pasminlog Lanal Denpasar, Pasops, Perwira Staf Lanal Denpasar, Prajurit Militer dan Pns Lanal Denpasar dan segenap Pengurus Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II.

Dalam amanatnya Kasal Laksamana TNI Yudho Margono yang dibacakan oleh Irup mengatakan, Sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada NKRI telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa ini, 77 tahun silam. Selama itu pula, TNI Angkatan Laut selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. 

Pendaratan Pasukan-M di Selat Bali, Pertempuran Laut Aru dan Pertempuran Laut Cirebon adalah sebagian fakta sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada negara yang kita cintai ini. Torehan tinta pengabdian ini tidak berhenti sampai disitu. Saat ibukota Jakarta membara dilanda kerusuhan massa tahun 1998, TNI Angkatan Laut hadir meredam para demonstran secara humanis. Ketika bangsa ini dilanda wabah Covid-19, TNI Angkatan Laut bergerak ke seluruh penjuru negeri mengatasi pandemi.

Lebih jauh Kasal menegaskan, Sebagai negara meritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan Bangsa Indonesia. Kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup. Lautan menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian Bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim.

Dalam merespon tantangan tersebut, TNI Angkatan Laut melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur alutsista dengan upaya modernisasi diiringi dengan pemenuhan senjata dan amunisi. Kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu.

Kedepan, tantangan yang dihadapi bangsa ini tidak akan semakin mudah. Kita membutuhlan sumber daya manusia, prajurit yang memguasai ketrampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat. Prajurit yang berani berinovasi untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Prajurit yang terlatih dan terdidik serta paham akan jati dirinya sebagai tentara professional, pungkasnya.

Usai Upacara HUT TNI AL ke 77 dilaksanakan, dilanjutkan dengan syukuran di gedung I Gusti Ngurah Rai Mako Lanal Denpasar yang dihadiri oleh seluruh prajurit Militer, Pns dan Ibu Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com