10 September, Presiden Jokowi Direncanakan Akan Lakukan Groundbreaking Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/3/22

10 September, Presiden Jokowi Direncanakan Akan Lakukan Groundbreaking Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi



Denpasar, dewatanews.com - Gubernur Bali Wayan Koster, memimpin rapat persiapan Groundbreaking Tol Jagat Kerthi Bali (Gilmanuk-Mengwi) pada Sabtu (Saniscara Paing, Menail) tanggal 3 September 2022 di Gedung Gajah, Jaya Sabha, Denpasar.

Groundbreaking tol Jagat Kerthi Bali akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 September 2022 mendatang dan direncanakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan secara langsung meletakkan batu pertama pembangunan jalan tol dengan panjang 96,84 Km dibagi 3 seksi yakni seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan (54,75 Km), Seksi 2 Pekutatan-Soka (23,18 Km) dan Seksi 3 Soka-Mengwi (18 92 Km) tersebut.

"Rencananya Groundbreaking akan dilakukan pada tanggal 10 September 2022. Ini hari baik, bertepatan dengan rahina Purnama. Hari yang bagus bagi umat Hindu di Bali," ungkap Gubernur Bali Wayan Koster.

Pembangunan ruas jalan tol ini merupakan salah satu implementasi dari arah kebijakan utama pembangunan nasional percepatan pengembangan kawasan strategis, dalam rangka percepatan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi wilayah, melalui peningkatkan aksesibititas dan kapasitas jaringan jalan, sehingga meningkatkan produktivitas melalui pengurangan biaya distribusi dan menyediakan akses ke pasar regional maupun internasional.

Nantinya, disepanjang jalan tol akan dibangun sejumlah rest area pendukung yang nantinya akan diisi oleh UMKM lokal. Selain itu, Tol Gilimanuk – Mengwi ini memiliki tiga jalur, yakni jalur untuk penumpang umum, jalur khusus sepeda motor, dan jalur khusus sepeda, serta dilengkapi dengan enam simpang susun atau interchange.

"Pembangunan jalan tol akan menjadi akses infrastruktur berkembanganya pusat-pusat pertumbuhan perekonomian baru untuk menyeimbangkan dan memeratakan perekonomian antar wilayah Bali Barat, Timur, Utara, dan Selatan," jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yakni Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Prof. Danang Parikesit, Direktur Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Dr. Ir. Hedy Rahadian, M.Sc., Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Kakanwil ATR/BPN Provinsi Bali Andry Novijandri, Kepala Dinas PUPRKIM Provinsi Bali Nusakti Yasa Wedha, Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali Gede Pramana, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara serta OPD terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com