Ny. Putri Koster: Geliatkan Produk Pertanian dengan Perkuat Sistem Hulu dan Hilir - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

7/23/22

Ny. Putri Koster: Geliatkan Produk Pertanian dengan Perkuat Sistem Hulu dan Hilir


Denpasar, dewatanews.com - Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menghadiri acara Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Wanita Tani Indonesia (WTI) HKTI Provinsi Bali, periode 2022-2027 bertempat di Vasini Hotel, Denpasar, pada Jumat (Sukra Wage, Krulut), 22 Juli 2022. 

Dalam sambutannya, Ny. Putri Koster menyampaikan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, diharapkan kedepannya benar-benar mampu menjalankan program-program unggulan dari WTI HKTI yang telah disusun, utamanya program yang didasarkan atas kearifan lokal Bali. 

Lebih lanjut, Putri Koster melihat bahwa WTI Bali memiliki ruang gerak yang nantinya sangat mendukung perempuan-perempuan Bali dalam mengolah produk-produk pertanian dan perkebunan sehingga menjadi produk yang berkualitas. Dimana dengan mengakomodasi para perempuan tani di Bali maka kedepannya WTI HKTI Bali akan menjadi jembatan penghubung antara hulu dan hilir. 

Menurut, istri orang nomor satu di Bali tersebut mengatakan bahwa dalam menggeliatkan produk pertanian dimana sistem hulu dan hilir harus diperkuat. Di hulu, WTI HKTI Bali harus menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Provinsi terkait mengakomodasi para wanita tani yang ada di Bali. Selanjutnya, di hilir terkait pemasaran WTI HKTI Bali bekerjasama dengan Disperindag Kabupaten/Provinsi Bali terkait pemasaran, sehingga jika di hilir terjadi pemasaran yang sangat deras maka hulu akan semakin menggeliat. 

Terlebih jika pemasaran tersebut melalui platform digital, karena saat ini platform digital memiliki akses tinggi untuk promosi produk-produk. Untuk itu, Putri Koster sangat mengapresiasi organisasi WTI HKTI Bali meluncurkan Toko Tani Online. Namun walaupun pemasaran online, masyarakat tetap ingin melihat produk, untuk itu toko offline juga harus tetap ada. 

Banyak produk-produk olahan Bali jika pengelolaan dan sistemnya tepat maka akan bisa mensejahterakan para petani dan masyarakat Bali. 

“Untuk itu mari kita berkonsentrasi pada bidang-bidang yang sangat memungkinkan, jadi saya minta masing-masing Kabupaten setidaknya memiliki produk unggulannya, jadi tidak sama semua, mari berkreasi out of the box jadi akan terlihat bahwa Bali memiliki beraneka ragam produk pertanian beserta olahannya," tandas Putri Koster yang juga didaulat sebagai Ketua Penasehat DPD WTI HKTI Bali. 

Sementara itu Ketua Umum DPP WTI HKTI Hj. Ony Jafar Hafsah, menyampaikan apresiasi atas dukungan Ketua TP PKK Provinsi Bali kepada WTI HKTI Bali, sehingga menjadi yang pertama melakukan pelantikan pengurus DPD. Diharapkan kegiatan dari DPD selalu ikut memberdayakan Kelompok Wanita Tani di Bali sehingga kedepan KWT Bali akan semakin menggeliat dengan produk-produk unggulannya. 

Dalam kesempatan tersebut Tutik Kusuma Wardhani secara resmi dilantik menjadi Ketua DPD WTI Provinsi Bali masa bakti 2022-2027. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bali, Kesbangpolinmas Provinsi Bali dan undangan terkait lainya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com