Cari Sekolah, Mindset Masyarakat Jangan Hanya Tertuju Kepada Sekolah Negeri - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/28/22

Cari Sekolah, Mindset Masyarakat Jangan Hanya Tertuju Kepada Sekolah Negeri


Denpasar, dewatanews.com - Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Denpasar I Nengah Madiadnyana mengatakan kalau sekolah swasta dalam membangun mutu, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kualitas sekolah menjadi lebih maju sepenuhnya sudah didukung oleh sarana prasana. 

"Hal itu sudah dilakukan dan diperdayakan penuh oleh SMK PGRI 3 Denpasar. Bahkan di sekolah kami juga selalu memprioritaskan masyarakat kurang mampu," kata Madiadnya yang juga Ketua YPLP PGRI Kota Denpasar, Selasa (28/6). 

Munurutnya, kalau saat ini pandangan masyarakat dalam menentukan sekolah untuk anak didiknya hanya berfokus pada sekolah negeri. Padahal kurikulum sekolah negeri maupun sekolah swasta sama, baik cara pengajaran dan pembelajaran. 

"Karena semua pendidikan ditingkat yang sama baik itu SMA/SMK sepenuhnya sudah mengacu pada Kurikulum yang sudah ditentukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), " terangnya. 

Sembari menyampaikan, kalau masyarakat jangan berpikir bahwa hanya sekolah negeri satu-satunya yang bisa mencerdaskam anak bangsa, namun sekolah swasta juga mampu mencerdaskan anak bangsa. 

"Padahal sekolah swasta sendiri juga dirasakan lebih mampu mengembangkan SDM yang lebih berkarakter, bermutu dan berkualitas dibandingkan sekolah negeri," imbuhnya. 

Madiadnyana menyampaikan salah satu contohnya SMK PGRI 3 Denpasar yang mana dominan lebih mengutamakan kualitas dan mutu peserta didik dengan lebih menyiapkan siswa yang lebih trampil untuk nantinya bisa menentukan dunia kerjanya setelah lulus. 

Madiadnyana mengungkapkan, kelebihan dari SMK PGRI 3 Denpasar sendiri adalah dari guru pengajarnya yang sudah cukup ahli dibidangnya. Dimana para siswa diutamakan lebih kepada praktek langsung dibandingkan teori. 

"Semestinya orang tua siswa jangan terlalu berpikir biaya untuk menentukan anak didiknya bisa lebih cerdas, dan kedepanya mampu menentukan dunia kerja sendiri. Jangan mindset hanya berpatokan kepada sekolah gratis, sebab sekolah belum tentu bisa mendidik anak lebih menjadi cerdas," ujarnya. 

Madiadnyana menambahkan, pelayanan yang baik akan di dapat apabila manajemen sekolah itu bagus, proses bagus, fasilitas bagus. Setelah tamat berusaha akan menyalurkak ketempat kerja. 

"Fasilitas cukup memadai dan guru sudah pernah melakukan job traneng di dunia usaha atau dunia industri. Intinya guru SMK PGRI 3 Denpasar sudah betul-betul berpengalaman dalam mendidik anak lebih cerdas," jelasnya. 

Madiadnyana menambahkan saat pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2021/2022 menamatkan siswa sebanyak 716 siswa untuk 14 rombongan belajar (rombel). Jadi SMK PGRI 3 Denpasar untuk menargetkan jumlah siswa tentu menargetkan sesuai tamatan. 

"Dan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan terus dibuka hingga target kuota yang ditentukan sudah terpenuhi. Untuk Jurusan, SMK PGRI 3 Denpasae memiliki Jurusan Pariwista dan Jurusan Tata Boga," tambahnya. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com