Pembinaan Gong Kebyar Duta Kabupaten Badung Tahun 2022 - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/9/22

Pembinaan Gong Kebyar Duta Kabupaten Badung Tahun 2022


Badung, dewatanews.com - Tim Pembina Gong Kebyar Provinsi Bali melaksanakan pembinaan Gong Kebyar Duta Kabupaten Badung untuk Pesta Kesenian Bali XLIV (PKB) Tahun 2022 “Danu Kerthi Huluning Amreta” yang bermakna memuliakan air sumber kehidupan bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Minggu (8/5).

Duta Kabupaten Badung yang bertemakan “Pasir Ukir” Pasir berarti Laut dan Ukir berarti Gunung dimana Kabupaten Badung memiliki spirit segara gunung atau gunung dan lautan sebagai sumber kemakmuran. Gunung selalu mengalirkan air ke arah laut sebagai sumber kehidupan. Begitu pula laut akan berevaporasi menjadi awan dan menurunkan air melalui hujan. Ini adalah siklus alam sebagai bhuana agung yang akan mempengaruhi siklus kehidupan manusia pada bhuana alit.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha menyampaikan dalam pementasan nanti, sebagai Duta Kabupaten Badung akan menampilkan Gong Kebyar Anak-Anak yang diwakili oleh Sanggar Seni Dwi Kumala, Br. Ulapan 2, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal. Sanggar Seni Dwi Kumala akan menampilkan Tabuh Kreasi Pepanggulan “Gili Manik”, Tabuh Kreasi Palguna Warsa “Menanti Hujan Teduh” dan Dolanan “Lelakut”. Sedangkan Gong Kebyar Wanita yang diwakili oleh Sanggar Seni Nawa Ratna, Br. Peken, Desa Adat Bualu, Kel. Benoa, Kecamatan Kuta Selatan akan menampilkan Tabuh Pepanggulan “Tapak Ngalu”, Tari Kreasi “Mesolah Bawa” dan Gegitaan “Telaga Waja Sakti”.

Dan yang terakhir Gong Kebyar Dewasa yang diwakili oleh Sanggar Seni Mario Bros, Br Sengguan, Desa Buduk, Kecamatan Kuta Utara menampilkan Tabuh Pat Lelambatan “Segara Wera”, Tabuh Kreasi “Anglukat Agung” dan Tari Kreasi “Toya Raga”. “Dari tiga kecamatan yang mewakili Kabupaten Badung pentas di Gedung terbuka Ardha Candra Denpasar sangat antusias dan semangat sekali untuk mengikuti 13 event pada Pesta Kesenian Bali ke-44 Tahun 2022,” ungkapnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com