Kadis Kominfosanti Buleleng Harapkan Masyarakat Dukung Program TV Digital - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/23/22

Kadis Kominfosanti Buleleng Harapkan Masyarakat Dukung Program TV Digital


Buleleng, dewatanews.com - Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan berharap masyarakat Buleleng mendukung penuh program Pemerintah Pusat tentang peralihan televisi (TV) analog menuju TV digital dalam waktu dekat ini. Hal itu penting dilakukan guna memperoleh siaran tv gratis dengan tampilan lebih jernih tanpa adanya sistem acak ketika menonton siaran langsung. Demikian terungkap usai menerima kunjungan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali di ruang kerjanya, Senin, (23/5).

Kadis Suwarmawan menyampaikan hadirnya Ketua KPID Bali, Agus Astapa bersama rombongan ke Buleleng dalam rangka monitoring dan evaluasi persiapan peralihan tv analog menuju tv digital. Berdasarkan regulasi Pusat, pendistribusian bantuan sarana penunjang tv digital akan berakhir pada tanggal 2 November 2022 mendatang. 

“Buleleng masih menunggu jadwal pendistribusian Set Top Box (STB) kepada warga masyarakat untuk bisa mengakses siaran tv digital. Jadi kami untuk sementara melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui peralihan menuju tv digital ini,” terang Kadis Suwarmawan.

Terkait wilayah blank spot, pihaknya mengakui bahwasannya di Buleleng terdapat dua kecamatan yang masuk dalam titik blank spot. Hal itu terjadi karena topografi wilayah Buleleng “Nyegara Gunung” atau berbukit. Kendati pun demikian, berdasarkan percobaan langsung di lapangan, Kadis Suwarmawan menerangkan bahwa tidak semua mengalami blank spot pada wilayah dua kecamatan tersebut. 

“Setelah kita coba diperkantoran desa memang blank spot, namun tidak demikian pada beberapa rumah warga. Semua tergantung pemasangan antenanya, baik dari tinggi antena dan ketepatan arahnya,” jelas Kadis yang akrab disapa Ketsu itu.

Sebagai langkah mengatasi hal itu, Pemerintah Provinsi Bali telah merencanakan membangun tower di Kabupaten Buleleng untuk menanggulangi kendala blank spot. Nantinya tower itu akan mampu mencakup titik blank spot dengan jangkauan kurang lebih 80%, sehingga dapat menambah kekuatan sinyal ke seluruh wilayah Buleleng. 

“Semoga pembangunan tower ini cepat terealisasi sejalan dengan peralihan menuju tv digital. Untuk sekarang kami secara berkelanjutan melakukan sosialisasi agar masyarakat luas mengerti berbagai informasi tentang tv digital dan juga penyaluran bantuan STB bagi masyarakat miskin yang sesuai dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS),”.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com