Bupati Suradnyana Ajak Umat Muslim Buleleng Terus Jaga Toleransi dan Silaturahmi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/2/22

Bupati Suradnyana Ajak Umat Muslim Buleleng Terus Jaga Toleransi dan Silaturahmi


Buleleng, dewatanews.com - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengajak seluruh umat muslim khususnya di Kabupaten Buleleng untuk terus menjaga toleransi dan silaturahmi antar umat beragama yang sudah terjalin sangat baik selama ini.

“Ini penting untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Buleleng yang melibatkan seluruh pihak termasuk umat beragama yang ada,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Pelepasan Kegiatan Gema Takbir Keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah di Kawasan Eks Pelabuhan Buleleng, Minggu (1/5).

Agus Suradnyana menjelaskan takbir yang dilakukan umat Muslim pada malam sebelum Idulfitri ini untuk mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Memuji dan memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan karena umat Muslim telah menggapai kemenangan. Kemenangan dari peperangan besar yaitu perang melawan hawa nafsu. Perang melawan hawa nafsu itu yang berhasil dimenangkan dengan penuh rasa penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

“Saya rasa ini juga sebagai momentum untuk terus menjaga toleransi dan silaturahmi antar umat beragama. Termasuk berupaya untuk segera lepas dari pandemi Covid-19,” jelasnya.

Penyelenggaraan Takbir Keliling ini  merupakan wujud ekspresi kegembiraan seluruh umat Muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat Muslim dalam menyambut hari kemenangan. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan medium untuk mempererat tali silaturahmi. Baik antar sesama umat Muslim maupun dengan umat lainnya. 

“Sehingga kegiatan ini dapat menjadi momentum dalam menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Buleleng,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Buleleng Imam Munangin dalam laporannya menyebutkan kegiatan Gema Takbir Keliling ini digelar dalam rangka syiar menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Dengan peserta yang berasal dari jamaah masjid, mushola, dan majelis taklim di Kecamatan Buleleng. 

“Tercatat sebanyak 26 kelompok mengikuti Gema Takbir Keliling ini. Jumlah tersebut masing-masing terdiri dari 25 orang,” sebutnya.

Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Termasuk Bupati Buleleng dan jajarannya di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng yang telah mengizinkan kegiatan Gema Takbir Keliling berjalan. 

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Termasuk kegiatan Salat Idulfitri yang dilakukan esok hari,” pungkas Imam Munangin. (DN - ADV)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com