Wujudkan Keluarga yang Berkualitas, DPPKBPPPA Buleleng Maksimalkan Program Hidup Berencana Itu Keren - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/11/22

Wujudkan Keluarga yang Berkualitas, DPPKBPPPA Buleleng Maksimalkan Program Hidup Berencana Itu Keren


Buleleng,  dewatanews.com - Guna mewujudkan keluarga yang berkualitas dan sehat serta bisa mengendalikan jumlah penduduk agar lebih sejahtera,  Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Buleleng maksimalkan programkan Hidup Berencana Itu Keren.

Program Hidup Berencana Itu Keren adalah perubahan dari program sebelumnya yaitu 2 Anak Lebih Baik. "Tentunya ada yang melatar belakangi untuk keluarga sedikit anak ya. Tapi, bagaimana keluarga itu bisa menjadikan keluarganya agar bisa sejahtera," ungkap Kepala DPPKBPPPA, Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/4).

Kadis Dwi Priyanti menjelaskan, dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera, terkait dengan kesehatan, bimbingan orang tua serta ketahanan pangannya, pihaknya telah berkolaborasi dengan beberapa SKPD terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng. Untuk DPPKBPPPA difokuskan untuk menanggulangi dan menguatkan melalui bimbingan terhadap anak   sehingga ke depannya menjadi sejahtera.

"Itu sudah kami lakukan, melalui program-program dan anggaran dari APBD dan DAK melalui sinergi dengan beberapa SKPD terkait," ungkapnya.

Ditambahkan, dalam menyukseskan program ini, pihaknya telah melakukan beberapa upaya, di antaranya melakukan sosialisasi dan bimbingan melalui kader-kader pembantu dan juga memberikan pelayanan KB gratis guna mengendalikan jumlah penduduk agar lebih sejahtera.

Sementara itu, secara teknis Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga,  Nyoman Mandayani menjelaskan, dalam mewujudkan program ini pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan. Kegiatan itu di antaranya melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat untuk mengikuti pelayanan kontrasepsi, khususnya pada masyarakat usia subur.

Selain itu, ada juga pembinaan kelompok kegiatan, di antaranya Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan juga upaya pemberdayaan perekonomian keluarga akseptor dan beberapa kegiatan lainnya.

"Semua kelompok itu adalah upaya untuk mengedukasi masyarakat. Sehingga apa yang diupayakan yang namanya keluarga berkualitas bahagia dan sejahtera itu bisa diwujudkan," ujarnya.

Di samping itu, dalam program ini juga ada Kelompok yang menangani kasus penanganan stunting, yaitu melalui Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang ada di masing-masing desa. Melalui kader-kader TPK yang ada di desa, mereka akan melakukan pendampingan kepada keluarga yang berisiko stunting, mulai dari calon pengantin, ibu hamil, pasca melahirkan hingga sesudah melahirkan.

"Di sana mereka melakukan pendampingan, memberikan edukasi dan informasi. Kalau ada kasus yang perlu penanganan yang konprehensif, kader ini akan melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan terkait kasus-kasus yang ditemukan," imbuhnya.

Kabid Mandayani berharap, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan bisa mengakomodir apa yang menjadi motto Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang saat ini bahwa Hidup Berencana Itu Keren mendapatkan hasil yang maksimal. (DN - ADV)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com