Tim KBS Desa Nongan Laksanakan Aksi Bersih Sungai dan Tebar Bibit Ikan di Tukad Tanah - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/24/22

Tim KBS Desa Nongan Laksanakan Aksi Bersih Sungai dan Tebar Bibit Ikan di Tukad Tanah


Karangasem, dewatanews.com - Tim Desa Kerti Bali Sejahtera (KBS) Desa Nongan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Nongan bersama Komunitas Peduli Bersih Sungai melaksanakan bersih-bersih Sungai dan penebaran bibit ikan di Tukad Tanah Desa Nongan Minggu (24/4).

Perbekel Desa Nongan, Wayan Daging dalam pengarahannya usai gotong royong menyampaikan agar program bersih-bersih sungai dan penebaran bibit ikan ini ditindaklanjuti dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama memelihara kebersihan sungai dengan menerapkan penanganan sampah berbasis sumber.

“Gotong royong pembersihan area atau alur sungai sangat perlu dilaksanakan secara rutin utk menjaga keasriannya sekaligus menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihannya,” ujar Daging seraya menegaskan perlunya sinergi antar semua komponen masyarakat untuk mewujudkan Desa Nongan yang bersih dan lestari.

Sementara itu, Koordinator Tim Desa KBS Desa Nongan, Wayan Adi Sucita meminta kepada semua Tim Desa KBS Nongan untuk bersama-sama menyukseskan program Pemerintah Provinsi Bali sebagaimana arahan Gubernur Bali Wayan Koster.

“Tim ini bertugas sebagai mediator dan fasilitator serta menyosialisasikan, mengedukasi, mendampingi, memberdayakan, dan bekerjasama dengan para pihak guna mempercepat pelaksanaan program pembangunan Pemprov Bali di desa/kelurahan dan desa adat," ujarnya.

Kepala Bidang di Dinas Perhubungan Provinsi Bali ini sangat mengapresiasi komunitas yang mempunyai komitmen menjaga kelestarian lingkungan, khususnya daerah aliran sungai ini.

“Perbekel dan Bendesa harus memastikan awig-awig dan perarem yang sudah ada terkait pelestarian lingkungan benar-benar dijalankan dengan baik” ujar Adi Sucita seraya mencontohkan agar masyarakat tidak melakukan penyetruman dan meracun ikan. Begitu juga tidak menembak burung dan menebang pohon sembarangan serta menjaga keasrian lingkungan desa.


Pada kesempatan itu Adi Sucita juga menekankan agar kedepannya aliran sungai Tukad Tanah bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi masyarakat. Potensi seperti rekreasi memancing, ujarnya, sangat memungkinkan apalagi tempatnya masih asri dan pemandangannya bagus sekali.

Di tempat yang sama, Komunitas Peduli Bersih Sungai dalam laporannya menyampaikan sebelumnya telah menebar kurang lebih 3000 bibit ikan di sungai Tukad Tanah.  Ikan yang ditebar antara lain ikan mas, kaper dan nila. Diharapkan dalam
Waktu dekat akan menebar bibit lagi serta terus melakukan upaya pembersihan seputaran sungai di Desa Nongan.

Hadir dalam acara ini Bendesa Adat Nongan, Ketua BPD Desa Nongan, Babinsa dan Babimkamtimas Desa Nongan. Turut pula hadir para Kelihan Banjar, Linmas dan perangkat Desa lainnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com