Bupati Suradnyana Harap PAS Obati Kerinduan Seniman Buleleng Pentas di Panggung - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/27/22

Bupati Suradnyana Harap PAS Obati Kerinduan Seniman Buleleng Pentas di Panggung


Buleleng, dewatanews.com - Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berharap Pekan Apresiasi Seni (PAS) bisa mengobati kerinduan para seniman Buleleng untuk tampil diatas panggung.

Pekan Apresiasi Seni diinisiasi Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng sebagai wadah bagi seniman kembali tampil diatas panggung. Rencananya Pekan Apresiasi Seni dilaksanakan setiap sabtu malam mulai 7 Mei 2022 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno kelurahan/kecamatan Sukasada. Gelaran yang jadwalnya telah rampung itu didukung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Hal itu bisa menjadi pemantik semangat para seniman untuk kembali tampil berkesenian. 

“Saya harap Pekan Apresiasi Seni bisa menjadi ruang bagi para seniman di Buleleng untuk tampil,” ujarnya saat menerima audiensi Dinas Kebudayaan Buleleng di rumah jabatan Rabu (27/04).

Suradnyana menambahkan agar Dinas Kebudayaan bisa memanfaatkan panggung yang ada di RTH Bung Karno dengan baik. 

“Selain panggung utama, di bagian air mancur juga bisa dimanfaatkan untuk lomba cipta lagu cagar budaya. Intinya dimanfaatkan saja dengan baik. Tetap berkoordinasi dengan dinas terkait,” imbuhnya.  

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng I Nyoman Wisandika mengatakan jika Pekan Apresiasi Seni sudah terjadwal pada bulan Mei hingga Juli. Selama tiga bulan itu, pentas seni akan diisi oleh sanggar maupun komunitas seni di Buleleng. Sejak dilakukan koordinasi, sanggar dan komunitas seni yang ada di Buleleng memang sangat antusias menyambut kegiatan. 

“Bahkan akan ada kolaborasi seni dari SMA Muhammadyah Surabaya yang pada bulan Juni akan melakukan Studi Banding ke Sanggar Seni Santi Budaya. Kami akan fasilitasi baik gong maupun kostum penari jika memang dibutuhkan,” ungkap Wisandika.

Selain Pekan Apresiasi Seni, juga akan diadakan lomba cipta lagu cagar budaya dan fragment tari dari siswa SMA/SMK di Buleleng. Ada enam peserta yang akan mementaskan fragmen tari di bulan Juni serangkaian dengan Bulan Bung Karno. 

“Ada empat tema nanti yang akan dibawakan. Diantaranya Rai Srimben, Puputan Jagaraga, Perang Banjar, dan Jayaprana Layonsari,”terang mantan sekretaris BKPSDM ini.

Terkait pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB), Kabupaten Buleleng akan tampil pada pertengahan Juni. Ada tiga sanggar seni yang akan berpartisipasi yakni Gong Kebyar anak-anak Padepokan Seni Dwi Mekar, Gong Kebyar wanita Sanggar Wahana Santhi Desa Umajero, dan Gong Kebyar dewasa Sanggar Seni Eka Wakya Kelurahan Paket Agung. Disamping itu, Dekranasda Buleleng dan Sekaa Angklung Don Kutus dari Desa Sari Mekar juga akan mengikuti pawai seni.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com