Pameran IKM Bali Bangkit Dikunjungi Menkop UKM RI - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/24/22

Pameran IKM Bali Bangkit Dikunjungi Menkop UKM RI

Denpasar, dewatanews.com - Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 2 Tahun 2022 di Taman Budaya Provinsi Bali dikunjungi Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki,  Kamis (24/3/2022). Menkop UKM Teten Masduki datang bersama Mantan Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Telkomsel  Wishnutama Kusubandio.

Kedatangan Menkop UKM Teten Masduki yang didampingi Gubernur Bali Wayan Koster disambut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali Ny. Putri Suastini Koster.  

Rombongan Menkop UKM langsung berkeliling meninjau stand memamerkan beragam kerajinan khas Bali seperti tenun berupa endek, songket serta kerajinan emas dan perak.

Menkop UKM Teten Masduki dan Wishnutama nampak sangat antusias melihat barang kerajinan yang dipamerkan. Keduanya juga membeli beberapa potong kain.  Bahkan, Wishnutama juga tertarik dengan perhiasan emas dengan ukiran sangat detail.  Ia pun mengungkap kemungkinan keikutsertaan perajin Bali pada pembuatan pin G20 yang akan digunakan oleh kepala negara.  

Ny. Putri Koster menjelaskan bahwa kerajinan yang dipajang di pameran IKM Bali Bangkit seluruhnya merupakan kerajinan khas Bali yang mencerminkan kekhasan tiap kabupaten/kota. Ditambahkan olehnya, Pameran IKM Bali Bangkit juga menjadi wadah pembinaan bagi upaya pelestarian kerajinan tradisional khas Bali. 

"Kerajinan perhiasan seperti emas dan perak belakangan banyak ditimpa oleh produk perhiasan berbahan logam yang dicetak. Di sini tak ada yang seperti itu," ungkapnya.  

Demikian juga dengan kain tenun tradisional seperti endek dan songket yang sepenuhnya adalah hasil penenun lokal. Ia pun dengan bangga menunjukkan teman pengringsingan yang merupakan tenun double ikat dan hanya ada di beberapa negara. Berikutnya, wanita yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Bali ini juga memperkenalkan kain ikat batik yang pengerjaannya melibatkan anak-anak difabel. 

Pada bagian lain, perempuan multi talenta ini juga menjelaskan penataan stand pameran yang dirancang seperti di mall sehingga pengunjung merasa nyaman.

Secara khusus ia menghaturkan terima kasih atas kesediaan Menkop UKM dan Wishnutama berkunjung ke Pameran IKM Bali Bangkit. 

Menkop UKM Teten Masduki yang ditemui usai melakukan peninjauan mengatakan bahwa kunjungannya ke Pameran IKM Bali Bangkit berkaitan dengan hajatan Presidensi G20. "Kita tadi sudah melihat-lihat sejumlah produk UMKM,  yang mana yang kira-kira untuk seragam panitia dan yang mana untuk souvenir, "ungkapnya. Intinya, menurut Teten, G20 diharapkan mengangkat ekonomi lokal. Untuk itu, ia ingin pemasaran online produk UMKM Bali bisa dikelola sebaik mungkin hingga terhubung secara digital. 

Dalam kesempatan itu,  ia juga sangat mengapresiasi gagasan Dekranasda Bali menggelar pameran bertajuk IKM Bali Bangkit. 
Menambahkan penjelasan Menkop UKM, Wishnutama juga mendukung pemanfaatan produk UMKM lokal di ajang G20. Terlebih, perekonomian Bali telah lama terpuruk akibat pandemi covid-19.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com