BEM Politeknik Ganesha Guru Singaraja Peduli Literasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

2/12/22

BEM Politeknik Ganesha Guru Singaraja Peduli Literasi

Buleleng, dewatanews.com  - Bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Pemerintah Kabupaten Buleleng Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Jumat (11/2) menyelenggarakan Talkshow Dan Pelatihan Kepenulisan Di Kabupaten Buleleng Bersama Duta Baca Indonesia. Event tersebut mengambil tema “Membaca Itu Sehat, Menulis Itu Hebat.”

Kegiatan ini dihadiri oleh perpustakaan di seluruh Kabupaten Buleleng, pada kesempatan ini pula Politeknik Ganesha Guru yang beralamat di jalan Pura Segera Penimbangan No. 10XX Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng juga ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ini. Adapun kegiatan utama yang dilaksanakan yaitu pemberian materi dari narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Ada empat materi yang disampaikan, yang pertama tentang “Pentingnya Riset Dalam Dunia Tulis-Menulis” yang disampaikan oleh Bapak Dr. Drs. I Ketut Suweca M.Si. Menurut KBBI, riset adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru atau melakukan penafsiran yang lebih baik. Selain membahas tentang bagaimana pentingnya melakukan riset sebelum menulis, di sini juga dijelaskan tentang tantangan yang dihadapi oleh para calon penulis atau penulis pemula.

Materi yang kedua disampaikan oleh Dr.Drs. I Gde Made Metera, M.Si dengan judul “Mengangkat Kearifan Lokal Ke Dalam Tulisan”. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi “Dari Naskah Menuju Buku Digital Dan Konvensional” oleh seorang penulis dan pegiat literasi, Bapak Daniel Mahendra.

Dan yang terakhir “Pelatihan Menulis Kisah Inspiratif, fisik atau nonfisik” yang disampaikan langsung oleh Duta Baca Indonesia, Gol A Gong. Dalam menyampaikan materi, Gol A Gong berinteraksi langsung dengan para peserta kepenulisan dalam sesi tanya jawab.

Menurut Ni Luh Gede Ariani, selaku Wakil BEM Politeknik Ganesha Guru, kegiatan ini sangat bermanfaat, banyak ilmu yang didapat. Dengan adanya kegiatan ini semoga minat baca masyarakat bisa meningkat.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com