PUTR Buleleng Kolaborasi dengan Balai Jalan dan BWS dalam Penanggulangan Banjir - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/22/22

PUTR Buleleng Kolaborasi dengan Balai Jalan dan BWS dalam Penanggulangan Banjir


Buleleng, dewatanews.com - Dalam upaya penanggulangan banjir tahun ini, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Balai Jalan dan Balai Wilayah Sungai (BWS) yang mempunyai kewenangan terkait sungai, danau dan pantai.


"Dengan kolaborasi ini kita bisa memanfaatkan semua tenaga. Dimana spot-spot banjir kita rencanakan eksekusinya, entah itu melalui normalisasi, tenaga turun kelapangan dan kondisi perencanaan struktur jembatan yang bisa aman dari banjir," ungkap Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Eka Putra saat dikonfirmasi, Jumat (21/1).


Kadis Adiptha mengatakan, pihaknya juga sangat berterimakasih kepada teman-teman Balai Jalan karena sebelumnya sudah membantu membuat sodetan yang cukup besar dan lebar dibeberapa ruas jalan, sehingga potensi banjir bisa sedikit terurai. 


Pihaknya menambahkan, biasanya ada titik banjir di Jalan Pandawa, Satelit, Kayu Putih, Labarong, Pulau lombok. Tapi, setelah sodetan diperlebar kondisi banjir terbilang aman, meskipun masih ada titik banjir di Jalan Melur dan Angsoka sehingga perlu ada perbaikan karena air tidak bisa masuk maksimal ke saluran air ditrotoar karena lebih tinggi elevasinya. Kedepannya akan diperbaiki secara bertahap karena masih terkendala anggaran.


Kadis Adiptha berpendapat, bahwa banjir bisa diminimalisir jika memperkecil saluran air yang masuk ke kota dan membuang air ke sungai terdekat. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Jalan untuk membuka saluran-saluran air yang tidak terpakai untuk dimanfaatkan agar air yang masuk ke kota bisa diarahkan ke sungai terdekat sehingga potensi banjir bisa sedikit diminimalisir.


Selain itu, PUTR sendiri sudah menyiapkan opsi jangka pendek untuk penanggulangan banjir, yaitu dengan mengerahkan 100 pasukan drainase untuk standby sebelum hujan, saat hujan maupun saat banjir. "Jika cuaca sudah mendung, kita langsung kerahkan pasukan untuk siaga di masing-masing kawasan. Kita bagi tugasnya, karena kita sudah punya maping  di masing-masing titik banjir," ujarnya.


Seperti yang diketahui, spot banjir juga masih ditemukan di Jalan Laksamana, Anggrek, Srikandi dan Sambangan. Untuk menanggulanginya, pihaknya akan memaksimalkan pasukan drainase dulu disana untuk memfilter sampah agar tidak menyumbat saluran air sehingga banjir bisa sedikit dikondisikan.


Lebih jauh disampaikan, dalam evaluasi 2 tahun terakhir, banjir disebabkan oleh faktor sampah. Bahkan tidak jarang di drainase ditemukan ada  sampah, gelondongan kayu dan bambu yang berukuran besar tersumbat disana. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke saluran air.


"Mari masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan, karena kebersihan bukan tanggung jawab pemerintah saja. Ini tanggung jawab kita semua. Jangan sampai ketika ada banjir saling menyalahkan," tegasnya. (DN - ADV)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com