PPDB Jadi Momen Sekolah Swasta Tunjukkan Jati Diri - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/24/22

PPDB Jadi Momen Sekolah Swasta Tunjukkan Jati Diri

 

Denpasar, dewatanews.com - Kepala SMK PGRI 3 Denpasar I Nengah Madiadnyana menyampaikan pendapatnya bahwa sekolah swasta setiap momen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) senantiasa harus mampu menunjukkan jati diri sebagai sekolah berkualitas dan bermutu dibandingkan sekolah negeri pada umumnya. 


"Dengan begitu, masyarakat akan percaya untuk menentukan pilihan di sekolah non pemerintah sebagai sekolah idaman," ujar Madiadnyana yang juga selaku Ketua YPLP PGRI Kota Denpasar, Senin (24/1) disele-sela perayana HUT Ke-22 SMK PGRI 3 Denpasar. 


Menurutnya,  selama ini banyak sekolah swasta mengalami kemunduran dalam hal PPDB karena sistem manajemen sekolah swasta itu sendiri. Selama ini sekolah swasta hanya terfokus sebatas seberapa  banyak siswa yang diterima tanpa pernah menentukan standar mutu dan kualitas sekolahnya. 


"Kalau sekolah swasta ingin bisa bersaing dengan sekolah negeri. Paling tidak sekolah swasta harus mampu menujukan jati dirinya dengan terus mencetak lulusan yang berkualis," ujarnya. 


Dijelaskan, saat ini pandangan masyarakat tertuju kepada sekolah negeri tentu hanya sebatas melihat biaya murah dan gratis saja. Namun kalau masyarakat mau jeli, mereka mau sekolah gratis atau mau anak didiknya punya kualitas dan mutu ketika lulus. 


"Nah disinilah sekolah swasta mulai diberikan tantangan yakni sejauh mana sekolah swasta mampu menunjukannya kepada masyarakat agar tetap diminati. Bukan sebaliknya terlalu merendah tidak dapat siswa," jelasnya. 


Sembari menambahkan, SMK PGRI 3 Denpasar kini telah berusia 22 tahun. Perjalanan panjang sekolah dibawah naungan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI itu menciptakan tamatan yang banyak dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri. 


"Sepanjang pandemi ini kita tetap memberikan pelayanan kepada siswa terutama yang menjalani kegiatan praktek dengan tetap menerapkan prokes yang ketat," tambahnya. 


Sementara, dalam rangka peringatan hari jadi sekolah, sejumlah kegiatan digelar diantaranya lomba yang dilaksanakan secara virtual lewat lomba eksternal dan lomba internal. 


Lomba eksternal meliputi konten kreatif Tiktok, fotografi sekolahku instagramable, dan lomba tourism conversation dengan melibatkan peserta berasal dari siswa SMP kelas IX di lingkungan YPLP PGRI Kota Denpasar. 


"Sedangkan lomba internal diantaranya towel art dan dessert plating. Semoga momen HUT ini kedepanya bisa terus menjadi momen yang lebih spesial lagi," pungkasnya.Bdi

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com