Libur Tahun Baru, RSUD Buleleng Waspada Varian Omicron - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/27/21

Libur Tahun Baru, RSUD Buleleng Waspada Varian Omicron

 

Buleleng, dewatanews.com - Jelang libur tahun baru, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng meningkatkan persiapan dalam menghadapi potensi lonjakan angka konfirmasi Covid-19.

Hal itu juga sejalan dengan kewaspadaan terhadap Covid-19 varian baru Omicron yang dilaporkan sudah masuk ke Indonesia.

“Kita harus antisipasi sebaik mungkin, walaupun kita syukur ke Indonesia jumlahnya kecil yang masuk dibanding Eropa dan Afrika, tetapi kita harus selalu siap siaga,” kata Direktur Utama RSUD Kab. Buleleng Putu Arya Nugraha saat ditemui di ruang kerjanya pada Senin, (27/12).

Arya melanjutkan, pihaknya telah menyiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan terjadinya klaster baru pada puncak tahun baru mendatang. Jajarannya akan menggunakan pengalaman yang telah didapat selama menangani varian Delta sebelumnya.

“SDM yang sama juga berhasil menghadapi Delta, obat-obatan pun demikian, kemudian alur sudah kita buatkan sedemikian rupa,” jelas Arya.

Sama seperti dalam menghadapi gelombang Delta yang lalu, pihaknya juga memperhatikan dari segi kapasitas penanganan yang dapat diberikan kepada pasien terkonfirmasi. Hal itu disiapkan olehnya dengan penyediaan 120 bed untuk penanganan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Ketersediaan oksigen bagi pasien juga tidak dilupakan oleh Arya. Untuk itu, dirinya memanfaatkan generator oksigen yang dihibahkan kepada RSUD Kab. Buleleng beberapa waktu lalu. Langkah tersebut menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

“Dengan ini kebutuhan oksigen kita bisa handle sendiri, perhitungannya dia mampu menghasilkan 60 tabung oksigen per hari,” imbuhnya.

Sementara terkait langkah pendeteksiannya, pihaknya akan mendeteksi melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sebagai Covid-19 biasa. Jika saat proses tracing, pasien terkonfirmasi tersebut dicurigai membawa varian Omicron, maka sampel akan dikirimkan ke Balitbangkes Provinsi Bali untuk diperiksa lebih lanjut.

“Nah kalau itu positif Omicron, baru kita mengatakan bahwa Omicron sudah masuk ke wilayah kita,” tutupnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com