IKIP Saraswati dan Universitas Negeri Manado Gelar Seminar Kampus Merdeka - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/11/21

IKIP Saraswati dan Universitas Negeri Manado Gelar Seminar Kampus Merdeka

 

Denpasar, dewatanews.com - IKIP Saraswati bekerjasama dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA) melaksanakan seminar dan focus group discussion (FGD) serangkaian kegiatan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Seminar dan FGD yang dibuka secara langsung oleh Rektor IKIP Saraswati, Prof. Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd. didampingi oleh Rektor UNIMA, Prof. Dr. Deijte Katuuk, M.Pd, yang memimpin rombongan UNIMA diantaranya Ketua Praktik Pengalaman Lapangan UNIMA, Prof. Dr. Herry Sumanpau, M.Pd. Wakil Rektor II UNIMA, Prof. Dr. Sanusi Guguk, Dekan MIPA, Dr. A. Tilaar, MS. Pembantu Dekan I FPMIPA, Dr. W. Rombang, Mj, Ketua Tim Pengembang UNIMA, Prof. Dr. Syamsi Pasandoran, Pembantu Dekan III FPMIPA, Dr. M. Wuwarah, M.Pd.
 

Seminar dan FGD membahas Tantangan dan Harapan MBKM di era Pandemi Covid-19, menampilkan 2 pemakalah yaitu Prof. Dr. Herry Sumanpau, M.Pd. dari UNIMA dan Dr. Drs. I Nyoman Suaka, M.Si dari IKIP Saraswati. Seminar yang berlangsung sangat menarik dan mendapat perhatian dari unsur pimpinan IKIP Saraswati, Dekan, Kaprodi, serta Dosen dari kedua kampus ini dilaksanakan di Aula IKIP Saraswati, Jumat (10/12).
 

Rektor IKIP Saraswati Prof. Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar dan FGD ini merupakan realisasi kerjasama IKIP Saraswati dengan UNIMA yang sudah terbangun sejak tahun 2019. Selain seminar, kerjasama juga dilakukan melalui publikasi ilmiah di Jurnal Internasional Scopus dan jurnal Nasional terakreditasi. 

 

Kedepan Prof Dewa Oka berharap kerjasama kedua kampus direalisasikan masing – masing prodi untuk mendukung program kampus merdeka, karena Kampus IKIP Saraswati dan UNIMA sama – sama sudah menerapkan MBKM merujuk PP No. 3 Tahun 2020 dan Peraturan Rektor walaupun masih dalam tahap rintisan.

 
Dr. Drs. I Nyoman Suaka, M.Si. dalam paparannya mengatakan bahwa salah satu realisasi dari program MBKM adalah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ). Bahkan Program PJJ ini direbut melalui hibah PJJ Kemendikbud tahun 2021. 

 

Hibah ini sudah dalam tahap akhir bekerjasama dengan prodi mitra dari Institut Teknologi Pendidikan (ITP) Markandeya Bali. Sementara I Nyoman Suaka selaku penyaji menyatakan bahwa PJJ sangat terbuka untuk Program Pertukaran Mahasiswa antar provinsi. Hal ini didukung oleh perkuliahan Learning Manajemen Sistem (LMS) yang bisa diakses secara online oleh mahasiswa dan dosen.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com