Rayakan Kuningan Warga Banjar Patas Hanya Mebat Calon - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/19/21

Rayakan Kuningan Warga Banjar Patas Hanya Mebat Calon

 

Gianyar, dewatanews.com - Berbeda dengan saat Perayaan Hari Raya Galungan, saat Perayaan Kuningan warga Banjar Patas, Desa Taro, Kecamatan Tegallalang, Gianyar hanya membuat Calon sebagai kelengkapan upacara (ulam bakti).

Seperti yang dilakukan hari ini (19/11), saat penampahan Kuningan warga memulai dengan memotong Babi secara berkelompok, baru kemudian mebat dimasing-masing rumah.

Mebat Calon untuk ulam bhakti ini sudah berlangsung turun temurun, dan hanya dilakukan setiap menyambut Hari Raya Kuningan, oleh sebagain besar Warga Adat Banjar Patas.

Calon ini tersaji disetiap tandingan banten yang ditempatkan dalam sebuah Takir, biasanya juga dilengkapi dengan daging Babi yang di goreng (be gorengan).

I Made Karta, Tokoh Adat Banjar Patas,  Persembahan awal biasanya dilakukan usai mebat dalam Banten Sode. "Warga disini mengawali persembahan untuk banten mesoda, selesai mebat dimasing-masing rumah", tuturnya.

Untuk jebis Ebat atau Ulam Bhakti, memang lebih ringan dibandingkan saat Penampahan Galungan, yang harus membuat seperangkat Sate.

Namun demikian, warga tetap memaknai sama dengan saat perayaan Galungan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com