Dua Srikandi Bersaing Dalam Pilkel Desa Poh Bergong - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/31/21

Dua Srikandi Bersaing Dalam Pilkel Desa Poh Bergong

 

Buleleng, dewatanews.com - Kesetaraan gender dalam Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak di Desa Poh Bergong Kecamatan Buleleng sangat terasa, pasalnya dua srikandi desa dari empat calon Perbekel maju dalam perhelatan demokrasi tingkat desa ini. Demikian diungkapkan oleh Ketua Panitia Pilkel Desa Poh Bergong Gede Darmada, saat ditemui disela-sela pelaksanaan Pilkel, Minggu, (31/10).

Lebih lanjut dijelaskan oleh Darmada, kesetaraan gender dalam pesta demokrasi di desanya sudah terlihat mulai proses pendaftaran calon sampai penetapan calon sudah ada keseimbangan yaitu sebanyak 4 orang calon maju, 2 diantaranya perempuan.

"Ini sangat kebetulan sekali bagi kami, dari awal pendaftaran sampai penetapan calon sebanyak 4 orang yakni 2 srikandi desa Ketut Meni dan Ni Nyoman Suartini sama-sama bersaing dengan Wayan  Bagia dan I Wayan Sukedana. Artinya hak dipilih dan memilih baik perempuan dan laki-laki setara disini," imbuhnya.

Untuk mencegah klaster baru Covid-19 dari Pilkel di desanya, Darmada menjelaskan sudah menerapkan prokes yang ketat, mulai dari penggunaan masker dan face shield serta sarung tangan untuk panitia, kemudian pengaturan jarak pemilih, mewajibkan pemilih menggunakan masker, cek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum memilih.

"Upaya ini kami lakukan agar pelaksanaan Pilkel berjalan aman dan lancar, bahkan kami dari panitia menyiapkan bilik khusus jika ditemukan pemilih yang suhu tubuhnya tinggi. Prokes ini kami jaga melihat Buleleng kasusnya sudah melandai," ujarnya.

Sementara itu disinggung sisi keamanan dan proses penghitungan suara nanti, Darmada menerangkan panitia sudah menempatkan 2 orang Linmas dan pengaman dari Polsek dan TNI yang memantau dalam menjaga ketertiban dalam pelaksanaan Pilkel ini.

Kemudian setelah selesai pemilihan pada pukul 13.00 wita, Darmada memaparkan akan diadakan perhitungan suara dimasing-masing TPS lalu direkap, dan rekapan kembali dimasukkan dalam kotak dan disimpan di sekretariat yakni di Kantor Desa, besoknya akan diadakan rapat pleno perhitungan suara akhir dan penetapan calon terpilih.

Untuk diketahui Desa Poh Bergong yang terdiri dari 2 Banjar Dinas, mendirikan 5 TPS.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com