Daun Keladi Dalam Keramik, Karya Imajinasi Dosen Kriya ISI Denpasar - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/24/21

Daun Keladi Dalam Keramik, Karya Imajinasi Dosen Kriya ISI Denpasar

 

Denpasar, dewatanewa.com - Selama menjadi seorang dosen kriya di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yakni Dra. Ni Made Rai Sunarini, M. Si sudah berkali-kali mengikuti pameran yang sudah dimulai dari tahun 2007 sampai sekarang.

Pada saat pameran Bhineka Rupa yang sudah dilaksanakan di Karja Art Space Penestanan, Ubud dari tanggal 20-22 Oktober 2021, yang dipamerkan saat itu berupa karya keramik tiga dimensi dengan latar daun keladi.

"Untuk bahan yang digunakan lebih mengutamakan bahan dari tanah liat, besi/logam dan kayu," terangnya, Sabtu (23/10) di Denpasar.

Lanjutnya, memilih latar daun keladi dalam kramik yakni agar tampilan kramik yang dilamerkan bisa lebih kelihatan cantik dan menarik untuk dipandang.

"Apalagi bentuk daun keladi seperti jantung hati yang membuat ketertarikan pencipta untuk bisa mengabdikanya dalam sebuah kramik yang dirasakan mampu memunculkan nuansa keindahan," ucapnya.

Sembari mengatakan, hasil karya yang dipamerkan ini bertujuan untuk bisa mewujudkan sebuah metafora dari hasil identifikasi dalam bentuk stilirisasi daun keladi pada media keramik yang juga bisa diaplikasikan sebagai dekorasi keramik hias.

"Melalui latar daun keladi inilah yang menjadikan hasil lebih indah, sebab dibalik  hasil karya itu juga di dukung dengan berbagai warna yang membuat nuansanya lebih indah, dan pastinya menarik juga untuk dipandang mata," imbuhnya.

Dijelaskan, dari hasil karya yang dipamerkan ini justru menuntut para
penciptanya untuk lebih kepada konsep inovatif dengan di dukung oleh  metode penciptaan seni itu sendiri.

Namun dibalik hasil karya yang indah itu juga harus dibutuhkan sebuah imajinasi tinggi yang nantinya bisa dituangkan dalam bentuk visual dengan maksud agar tampilan keramik dengan latar daun keladi terkesan lebih hidup saat dipandang," jelasnya.

Ditambahkan, adapun hasil karya yang sempat dipamerkan menggunakan latar daun keladi diantaranya berupa guci, vas bunga, gelas cangkir, dan piring.

"Semoga hasil karya yang dipamerkan ini terus mendapatkan tempat dihati masyarakat. Selanjutnya, hasil karya yang sudah di pameran ini rencanannya akan dipamerkan lagi nantinya," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com