Bupati PAS Instruksikan DKPP Buleleng Suplai Bibit Ikan Untuk Danau Tamblingan - Dewata News

Breaking News

8/13/21

Bupati PAS Instruksikan DKPP Buleleng Suplai Bibit Ikan Untuk Danau Tamblingan

 

Buleleng, dewatanews.com - Bupati Putu Agus Suradnyana menginstruksikan Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng, Bali menyuplai bibit ikan untuk ditebar di Danau Tamblingan.

“Ini diperlukan untuk menjaga kelestarian Danau Tamblingan. Termasuk Danau Buyan juga,” ujarnya saat ditemui usai menyerahkan secara simbolis bantuan bibit ikan di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Jumat (13/8).

Agus Suradnyana menjelaskan Dana Buyan dan Danau Tamblingan harus dijaga kelestariannya. Khususnya Danau Tamblingan. Kecukupan sumber hayati utamanya di bidang perikanan harus dikembangkan dan memberi manfaat. Namun, ekosistemnya tidak berjalan dengan baik. Ini dikarenakan ada predator seperti ikan zebra yang masuk ke danau. 

 

“Jadi anak-anak dari ikan nila, mujair, karper semua dimakan ikan zebra. Sehingga kalau kita memanen indukannya yang sudah besar, tidak ada kelanjutan lagi,” jelasnya.

Oleh karena itu, suplai bibit ikan harus rutin dilakukan. Sehingga, kelanjutan dari ikan-ikan di Danau Tamblingan ini terus berjalan dan berkelanjutan. Utamanya, suplai dari DKPP yang merupakan instansi terkait untuk mengurus perikanan. Suplai tersebut berjumlah 10 ribu ekor benih ikan. Untuk selanjutnya ditebar di Danau Tamblingan. 

 

“Dari hasil diskusi saya tadi, DKPP siap suplai 10 ribu ekor di Danau Tamblingan. Sehingga kecukupannya bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sini,” ucap Agus Suradnyana.

Sementara itu, Kepala DKPP Buleleng I Gede Putra Aryana menyebutkan penebaran benih ikan dilakukan di Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Di Danau Buyan ditebar benih ikan nila sebanyak lima ribu ekor. Sedangkan, di Danau Tamblingan ditebar benih ikan nila sebanyak 12 ribu ekor dan ikan karper sebanyak tiga ribu ekor. Ukuran dari benih ikan yang ditebar berkisar antara tujuh sampai sembilan sentimeter.  Jika kurang dari ukuran tersebut, predator akan memangsa benih ikan yang ditebar.

 

“Sehingga keberlanjutan ikan itu tidak bisa dijamin. Kalau sudah diatas itu bisa diamankan dan bisa dinikmati untuk dikonsumsi oleh masyarakat di sini. Semoga bermanfaat kedepannya,” sebutnya.

Disinggung mengenai instruksi Bupati, mantan Camat Busungbiu ini menambahkan pihaknya siap menyiapkan 10 ribu benih ikan setiap bulannya. Hal tersebut diperlukan untuk keberlanjutan tersedianya ikan di Danau Tamblingan. Penebaran juga akan dilakukan di Danau Buyan untuk menjaga kebermanfaatan dari bidang perikanan di sana. Selama predator masih ada, penebaran ini harus rutin dilakukan agar jumlah ikan tidak berkurang. Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada nelayan jika menemukan ikan zebra untuk tidak dilepas lagi. Dengan begitu, jumlah predator akan berkurang. 

 

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat bisa mengkonsumsi ikan di situasi pandemi. Ya dengan cara penebaran benih ikan secara rutin,” imbuh Putra Aryana. (ADV)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com